Pernikahan merupakan momen sakral yang diharapakan terjadi sekali seumur hidup. Menikah bukan hanya tentang menghabiskan waktu bersama dan bersenang-senang dengan suami. Tapi, banyak pula ujian kehidupan yang harus dihadapi. Di mana ujian tersebut begitu menguras hati, emosi, dan juga pikiran.

Mungkin banyak pasangan suami-istri yang menganggap kalau tahun pertama pernikahan begitu terasa berat.  Di fase ini keduanya harus belajar beradaptasi dengan kehidupan baru. Banyak hal yang harus diselesaiakan, entah masalah keuangan atau bahkan menyatukan isi hati dan juga pikiran agar sejalan.

Kehidupan tahun pertama pernikahan benar-benar diuji, banyak tantangan yang perlu dihadapai dengan kesabaran. Melansir dari laman Boldsky, Kamis (30/7/2020), berikut 7 alasan mengapa tahun pertama pernikahan terasa berat bagi beberapa pasangan.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Pengganggu dan Penghancur Rumah Tangga yang Perlu Diwaspadai!

Baca Juga: Pasangan Baru Nikah Merapat! Sederet Hal Ini Patut Kamu Pelajari Biar Gak Kaget!

Berbagi tanggung jawab

Beauty, menikah itu enggak cuma tentang perayaan, gaun pengantin yang indah, perhiasan, atau kebahagiaan. Tapi, juga tentang tanggung jawab yang enggak akan pernah berakhir di dalamnya.

Setelah menikah, kamu memiliki tanggung jawab baru, yaitu tanggung jawab sebagai seorang istri. Meski memiliki tanggung jawab baru, bukan berarti kamu melupakan tanggung jawabmu sebelumnya. Kamu harus bisa berbagi tanggung jawabmu sebagai seorang istri sekaligus ibu rumah tangga yang baik.

Kamu datang ke lingkungan baru

Setelah menikah sudah pasti kamu akan mengikuti suami di manapun ia tinggal. Bisa saja, kamu harus tinggal bersama mertua lantaran satu dan lain hal. Kamu akan pindah ke lingkungan yang baru dan jauh dari orang tua.

Pindah ke lingkungan yang baru, otomatis kamu akan mendapatkan keluarga yang baru pula. Mungkin ada beberapa masalah yang akan kamu hadapi di dalamnya. Kamu juga harus bisa beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan mereka.

Baca Juga: 5 Tanda Putus Sementara dengan Mantan, Bakal Segera Balikan Enggak Bisa Pisah Lama-Lama!

Baca Juga: Moms, 9 Kebiasaan Bareng Suami Ini Bisa Memperkuat Hubungan Rumah Tanggamu Lho!

Mungkin butuh waktu yang lama untuk kamu bisa menerima lingkungan baru, tapi kalau kamu menerimanya sepenuh hati, percayalah masalah-masalah yang datang bisa kamu atasi dengan baik kok.

Harus mempelajari budaya dan kebiasaan baru

Saat pindah dan tinggal bersama keluarga suami, bakal banyak kebiasaan-kebiasaan baru yang kamu temui. Seiring berjalannya waktu, kamu juga harus belajar menyesuaikan diri dengan apa yang mereka suka dan enggak disukai.

Beauty, biar enggak banyak masalah yang menghampiri kehidupan pernikahanmu, coba terima dan menyesuaikan diri dengan keluarga suami ya.

Ada banyak keinginan yang harus kamu penuhi

Suami dan mertuamu mungkin punya banyak harapan darimu. Berharap kamu bisa menjaga dan mencintai suami serta keluarganya atau bahkan menginginkan keturunan atau anak darimu.

Enggak cuma itu, mungkin mereka juga menututmu melakukan sejumlah pekerjaan rumah tangga dan memiliki banyak waktu untuk melayani mereka. Beauty, mungkin kamu akan merasa lelah dengan semua in dan tampaknya enggak mudah untuk kamu lakukan sendiri.

Enggak punya waktu yang cukup untuk quality time bareng suami

Ini menjadi salah satu hal yang bisa membuat tahun pertama pernikan terasa lebih berat dari apa yang kamu pikirkan. Setelah menikah, mungkin kamu berpikir bisa menghabiskan waktu berkualitas dengannya. Tapi, hal itu bisa saja berbanding terbalik lantaran suami yang disibukkan dengan pekerjaannya.

Melihat kekurangan satu sama lain

Setelah menikah, kamu akan lebih mengetahui kekurangan yang dimiliki suami, begitu pun sebaliknya. Mungkin ada beberapa sikap dan perilaku suami yang belum kamu terima sepenuhnya. Mungkin pula banyak perbedaan dalam pemikiran, perspektif, hingga pendapat antara kamu dan suami.

Konflik di awal pernikahan

Karena memiliki banyak perbedaan pendapat antara kamu dan suami, membuat kamu enggak selalu bisa menyepakati hal yang sama dengannya. Hal ini bisa saja menimbulkan konflik di awal pernikahanmu, kalau antara kamu dan suami enggak ada yang mau mengalah. 

Beauty, setiap hubungan itu enggak selalu berjalan mulus, tentu ada pasang surut di dalamnya. Bukannya enggak bisa menyesuaikan diri di tahun pertama, tapi kamu harus menghadapinya dengan penuh kesabaran. Jangan ngeluh yuk, tapi hadapi setiap tantangan yang datang!