Beauty, apakah kamu tahu kadar gula darah di dalam darah mampu sebabkan berbagai macam penyakit. Apalagi saat kadar gula darah kamu tergolong tinggi. Sudah pasti penyakit diabetes ini sedang menerormu. Jika sudah terkena diabetes, banyak penyakit komplikasi yang berbahaya lainnya jika tak ditangani secara cepat. Sampai sekarang pun obat diabetes belum ditemukan.

Nah, satu-satunya cara untuk mengindari penyakit diabetes, yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat. Kira-kira seperti apa sih pola hidup sehat yang dimaksud? Tentu saja mengurangi kadar gula darah dengan sederet cara ini. Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (30/7/2020) yuk catat ya!

Konsumsi buah-buahan dalam bentuk asli

Cara mengurangi kadar gula darah, yaitu dengan mengonsumsi buah dalam bentuk aslinya. Bukan buah yang sudah dicampur oleh bahan makanan lainnya ya. Sebab, buah murni yang belum dicampur bahan makanan lainnya jauh lebih segar dan menyehatkan. Untuk itu, kamu direkomendasikan langsung memakan buah tanpa bantuan gula atau bahan perasa lainnya.

Baca Juga: Penderita Diabetes Wajib Tahu! Penelitian: Jalan Kaki Setelah Makan Malam Dapat Menjaga Gula Darah Stabil

Baca Juga: Waduh! Katanya, 3 Makanan Ini Bisa 'Menyakiti Otak', Kenapa Ya?

Hindari pemakaian gula tambahan

Cara yang kedua, hindari pemakaian gula tambahan baik itu di dalam makanan dan minuman ya. Jika kamu ingin meminum jus, usahakan jangan menggunakan tambahan gula. Biarkan rasa manis itu datang sendiri dari asli buahnya. Sebab, jika kamu menambahkan gula pada minuman jus kamu, kadar gula darah akan semakin tinggi dan berpotensi terkena diabetes. 

Usahakan tidur yang cukup

Penuhi kebutuhan istirahat tidur dengan maksimal selama 6 sampai 8 jam per hari ya. Sebab, kurangnya tidur dapat mengganggu metabolisme tubuh. Enggak hanya itu, kurang tidur juga menyebabkan rasa cepat lapar dan ingin mengonsumsi banyak makanan.

Akibatnya, gula darah mengalami kenaikan atau peningkatan. Jadi usahakan tidur sesuai jam yang direkomendasikan supaya menghindari diabetes.

Cek gula darah secara rutin

Terakhir, jangan lupa untuk selalu mengontrol gula drah kamu setiap hari. Sebab, cara ini berfungsi untuk mengetahui bagaimana tubuh bereaksi pada suatu makanan tertentu atau obat-obatan. Apakah bisa bikin gula darah naik atau stabil. Jika naik, maka kamu harus menjauhkan makanan itu dan jika stabil, maka kamu boleh memakannya.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Kebiasaan Tidur Setelah Makan bagi Kesehatan, Jangan Disepelekan Ya!

Baca Juga: Bisa Tingkatkan Kinerja Tubuh, Ini Manfaat Lain Konsumsi Daging Sapi Bagi Kesehatan...

Semoga bermanfaat ya!