Beauty, pandemi virus corona atau Covid-19 belum berakhir dan angkanya pun terus bertambah setiap harinya. Meski begitu, besok seluruh umat muslim akan merayakan Iduladha 1441 Hijriah. Pemerintah pun terus mengimbau untuk merayakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengingatkan betapa pentingnya mematuhi peraturan protokol kesehatan saat merayakan Iduladha 1441 Hijriah.

Menurutnya, ada tiga hal yang harus masyarakat Indonesia lakukan saat Hari Raya Iduladha, yakni penjualan hewan kurban, pelaksanaan salat Iduladha, dan pemotongan serta pembagian daging kurban.

Baca Juga: Apa Benar Cegukan Jadi Gejala Virus Corona?

Baca Juga: Waduh, Hanya 2 Provinsi yang Laporkan Nihil Kasus Per 12 Agustus 2020 Lho!

Wiku meminta pengelola masjid yang mengadakan salat Iduladha untuk terus memantau pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat. Area salat pun wajib melalui prosedur disinfektan dan akses kelur masuk dibatasi.

"Pastikan gunakan pencuci tangan dan hand sanitizer sebelum dan sesudah berwudu. Periksa suhu jemaah di pintu masuk, harus ada jaga jarak minimal 1 meter, mempersingkat pelaksaan salat, dan enggak mengumpulkan infak dengan kotak amal," kata Wiku.

Selain itu, para jemaah yang ingin melaksanakan salat Iduladha diimbau untuk membawa sajadah sendiri dari rumah, menggunakan masker, dan hand sanitizer. Bagi anak-anak dan lanjut usia diminta untuk enggak ikut salat berjemaah, termasuk jangan sampai ada kontak fisik setelah salat.

Untuk pemotongan hewan kurban, sebaiknya masyarakat melakukannya di rumah pemotongan hewan. Di sana pun petugas wajib mengikuti aturan protokol kesehatan.

Baca Juga: Mengenal Sputnik V, Vaksin Corona Pertama di Dunia Asal Rusia

Baca Juga: Berada di Bawah Rata-rata Dunia, Ini Strategi Satgas Penanganan COVID-19 Tekan Angka Kematian di 22 Provinsi Indonesia

Selalu jaga kesehatan, ya, Beauty!