Halo Beauty! Pernah enggak sih kamu membeli skincare, tapi enggak cocok? Pasti pernah kan? Memang, mencoba berbagai macam produk skincare itu enggak ada salahnya. Tapi, kalau kamu tahu produk skincare yang kamu gunakan enggak cocok dan menimbulkan masalah kulih, lebih baik stop saja penggunaannya.

Seperti dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (30/7/2020), ada beberapa masalah kulit yang bisa terjadi kalau kamu menggunakan produk skincare yang enggak cocok. Nah, berikut ini beberapa masalah kulit dan cara mengatasinya. Simak baik-baik, ya Beauty!

Kulit memerah

Beauty, wewangian, pengawet, asam salisilat atau retinol adalah penyebab umum yang membuat kulit memerah. Kulit lebih mungkin bereaksi seperti ini jika kamu sudah menggunakan produk skincare anti-aging atau exfoliating sebelumnya.

Baca Juga: Wadaw! Jangan Sembarangan Pilih Marketplace, Perhatikan Hal Ini!

Baca Juga: Murah Meriah, 5 Bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Bopeng Bekas Jerawat di wajah

Nah, untuk mengatasinya, kamu harus segera membersihkannya dengan melakukan beberapa kali pembilasan menggunakan air untuk memastikan produk tersebut benar-benar sudah hilang.

Kulit berjerawat

Selanjutnya, kalau kamu punya masalah kulit berjerawat, pembersih atau pelembab berbasis minyak bisa menjadi penyebab utamanya. Tapi, bisa juga karena kulit wajah yang belum terkelupas dengan baik, produk kadaluwarsa, atau produk sudah terkontaminasi dengan bakteri.

Beauty, jangan mencoba untuk memecahkan jerawat, ya, karena itu bisa membuatnya lebih meradang dan akan meninggalkan bekas di wajah. Sebaiknya, gunakan gel benzoil proksida atau antibiotik topikal dan membersihkannya dengan pembersih asam salisilat. 

Kulit gatal-gatal

Kulit gatal-gatal terjadi karena kulit bersentuhan dengan alergen yang menimbulkan respons serupa. Jika karena produk skincare, gatal-gatal biasanya terbatas pada area aplikasi atau yang terdekat.

Baca Juga: 5 Masker Alami Ini Ampuh Mengencangkan Kulit Wajah, Anti Kendur dan Bikin Awet Muda Pokoknya!

Baca Juga: Hits Banget di TikTok! 5 Produk Skincare Ini Banyak Diburu Kaum Hawa

Untuk mengatasi masalah kulit gatal-gatal, bersihkan produk dengan air bersuhu ruangan atau pelembab yang lembut. Jangan menggosoknya terlalu kencang atau menggunakan air panas. Kalau masih gatal, minum obat anti-histamin untuk menghilangkan rasa gatal.

Semoga bermanfaat!