Beauty, bagaimana caranya kamu mengetahui sudah terlibat dalam pemintas spiritual menggunakan astrologi? Kamu harus paham dulu bahwa astrologi engga dimaksudkan untuk digunakan sebagai alat pelarian, tetapi ada cara sehat untuk melakukannya.

Dilansir dari Healtline, ahli astrologi bersertifikasi ISAR, Annabel Gat, astrolog VICE, dan penulis "The Astrology of Love & Sex" (2019), menjelaskan, "Horoskop adalah cara yang menyenangkan untuk mendapatkan pentas di harimu sebelum hari kamu dimulai. Ini adalah kerangka kerja yang dapat membantu kamu melihat dan merenungkan hidupmu lebih dekat. Itu harus menginspirasimu. Hal ini seharusnya menjadi tambahan bagi hidup kamu, bukan solusi untuk masalah kamu atau pelarianmu dari hidupmu."

Enggak salah, kok menggunakan horoskrop sebagai ajang senang-senang belaka, toh ahli astrologi juga enggak memberitahumu dengan tepat seperti apa sih kehidupan pribadimu dan bagaimana menjalaninya dengan baik? Enggak ada, kan.

Baca Juga: Wah, Punya Keunikan yang Menarik, Inilah 3 Fakta Tentang Si Aquarius!

Baca Juga: Katanya, 3 Zodiak Wanita Ini Anti Balikan sama Mantan, Emang Iya?

Randon Rosenbohm, astrolog yang berbasis di Berlin dengan Allure, memulai setiap sesi dengan menjelaskan kepada klien bahwa perannya adalah menafsirkan apa yang ditulis di zodiak bukan memberikan resep untuk apa yang akan terjadi. Bukan ramalan begitu saja. "Ketika saya memberikan bacaan dan menulis horoskop, saya suka menggunakan bahasa seperti 'Misalnya ...' dan memberikan beberapa contoh sehingga orang melihat satu atau dua dari banyak cara yang dapat mempengaruhi planet terhadapmu" jelas Randon Rosenbohm.

Tapi penting kamu ketahui bahwa ahli astrologi yang bertanggung jawab enggak bisa mengontrol bagaimana orang akan menggunakan (atau menyalahgunakan) bacaan mereka. Faktanya, baik Gat maupun Rosenbohm telah membuat orang mengajukan pertanyaan kepada mereka bahwa mereka harus bertanya kepada dokter, pengacara, terapis, atau diri mereka sendiri. Paham sampai sini, kan?

Eitss, belum selesai! Gat juga menjelaskan bahwa terkadang horoskop adalah tujuan orang ketika ahli yang berkualifikasi enggak memberi tahu mereka apa yang ingin mereka dengar. Dalam kasus ini, ahli astrologi mengatakan mereka mencoba menjelaskan kepada klien apa yang bisa dan enggak bisa mereka lakukan atau katakan.

Pada dasarnya enggak semua pembicara astrologi memiliki komponen manusia karena astrolog duduk di sisi yang berlawanan dari tabel yang ada. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan orang bagaimana cara menggunakan alat dengan benar. Bahkan, sebagian besar enggak melakukannya. Itulah mengapa mudah untuk mengembangkan hubungan yang enggak sehat dengan astrologi melalui aplikasi dan platform media sosial lainnya kalau kamu masih beranggapan astrologi ini adalah "segala hal yang mutlak".

Baca Juga: Anti Mewek! 3 Zodiak Wanita yang Tegas saat DIselingkuhi, Ada Kamu?

Baca Juga: Tak Ingin Patah Hati, 3 Zodiak Ini Takut Menjalin Hubungan Lho! Emang Iya?

Nah, untuk itu, Beauty, ahli astrologi, Barr, menyarankan untuk bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut sehingga kamu bisa menginterograsi hubunganmu dengan astrologi:

  • Apakah kamu merasa seperti penggerak hidupmu sendiri, atau seperti sesuatu yang lain seperti zodiak yang memegang kendali?
  • Apakah kamu membaca banyak horoskop yang berbeda sampai ada yang memberi tahu kamu apa yang ingin kamu dengar?
  • Apakah kamu merasa hidup kamu enggak berubah, meskipun kamu sudah secara teratur memanfaatkan astrologi?
  • Apakah kamu menemukan diri kamu menyalahkan semua emosi negatif pada zodiak atau horoskop?
  • Apakah kamu merasa telah menemukan "perbaikan cepat" untuk masalah kamu?
  • Apakah kamu merasa perlu untuk menyiarkan dan membagikan bahwa kamu telah "dibantu" atau "disembuhkan" sebagai akibat dari membaca ramalan zodiakmu atau mengikuti zodiak?

Konsekuensinya kalau kamu meneruskan ini semua adalah ada trauma yang berlanjut. Nah, solusinya adalah kamu harus mengintropeksi dirimu. Pada dasarnya, kamu perlu mencari penyembuhan daripada mencari bimbingan atau kepastian luar tanpa refleksi. Alih-alih menggunakan praktik spiritual seperti astrologi untuk mengalihkan perhatian dari bekerja melalui masalah emosional, cari seorang profesional yang dapat membantu. Psikoterapi adalah alat terbaik untuk mengatasi trauma.

Pada intinya, enggak apa-apa membaca zodiak sebagai bentuk iseng-iseng yang menyenangkan, tapi jangan anggap semuanya terlalu serius sampai kamu kehilangan dirimu sendiri hanya karena terlalu percaya pada zodiak, ya!