Beauty, perawatan wajah lagi jadi trend baru apalagi di masa pandemi ini, lho. Tapi, apakah kamu termasuk ke dalam orang yang malas untuk merawat kulit wajahmu? Memakai masker wajah untuk mengencangkan atau memperhalus kulit wajahmu misalnya. 

Tapi tahukah kamu kalau ada tren baru "lagi" yang disebut puasa kulit? Nah, puasa kulit ini artinya kamu benar-benaar berhenti menggunakan semua produk kecantikan dengan guna "detoksifikasi" wajahmu. Dilansir dari Healtline, perusahaan kecantikan Jepang holistik sudah mempopulerkan puasa kulit ini. Mirai Clinical namanya, ia menjelaskan puasa kulit berasal dari kepercayaan Hippocrates bahwa puasa tradisional dapat digunakan sebagai metode penyembuhan.

Kaget? Nggak percaya? Bingung? Ya, memang agak membingungkan, sih. Istilah detox ini sebenarnya biasa berfungsi sebagai solusi perbaikan cepat daripada mencurahkan waktu dan kesabaran untuk rutinitas yang konsisten. Sementara untuk berhenti dari merawat wajah ini terbilang aneh, apalagi dilihat dari rutinitas di luar ruangan yang berbahaya kalau sampai enggak mencuci wajah dengan sabun setelah bepergian.

Baca Juga: Waduh! Kesalahan ini yang Sering Dilakukan Ketika Menggunakan Cleansing Oil, Apa saja Ya?

Baca Juga: Wadaw! Jangan Sembarangan Pilih Marketplace, Perhatikan Hal Ini!

Apalagi untuk wajah yang sensitif, menggunakan produk untuk mencegah terjadinya iritasi penting banget. Biasanya terpenting adalah mencuci wajah dengan sabun, menggunakan pelembab (apalagi bagi kulit wajah yang kering), dan untuk penggunaan sunscreen adalah keharusan bagi semua orang menggunakannya demi menjaga wajah dari bahaya sinar matahari.

Kalau kulitmu berminyak yang menghasilkan zat berminyak yang disebut sebum yang membantu mencegah hilangnya kelembaban. Gagasan di balik "puasa" adalah membiarkan kulit "bernafas." Diperkirakan bahwa memotong produk akan membuat kulit menetralkan dan sebum melembabkan secara alami.

Secara keseluruhan, sebenarnya kamu hanya perlu menyederhanakan produk yang kamu gunakan, tapi kalau untuk riasan wajah, hal ini cocok banget disebut detox karena penggunaan make up memang bisa menyumbat pori-pori wajahmu.

Kalau kamu benar-benar mau mendetox kulitmu, mulai lah dari banyak minum air putih, hal ini ideal dilakukan. Lebih baik kamu detox memakan makanan berlemak dan berminyak daripada kamu berhenti menggunakan serangkaian skincare yang perlu kamu gunakan secara rutin.

Baca Juga: Cuaca Makin Dingin di Tengah Pandemi? Begini Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat!

Baca Juga: Hits Banget di TikTok! 5 Produk Skincare Ini Banyak Diburu Kaum Hawa

Kamu juga bisa mengurangi aktivitasmu di luar rumah supaya kamu bisa mendapatkan wajah yang lebih bersih atau seenggaknya menggunakan pengaman seperti masker dan topi juga kaca mata. Kalau produk perawatan, kamu bisa menguranginya saja tanpa berhenti sama sekali, Beauty.

Ingatlah bahwa kulitmu harus selalu terhidrasi, jangan sampai kamu ikut-ikutan tren tapi malah merusak wajahmu, ya!