Beauty, memiliki bau ketiak atau ketek sering membuat kamu merasa tak nyaman dan tak percaya diri saat bertemu orang lain.  Apalagi saat orang lain ini notice ternyata ketiak kamu itu bau dan menyindirmu seperti "Ketek kamu bau banget, enggak pernah mandi ya?", sudah pasti bikin kamu malu dan sakit hati. Bau ketiak disebabkan oleh keringat yang tercampur pada bakteri lho.

Karena itu, kamu harus menggunakan deodoran untuk menghilangkan baunya. Tapi, beberapa deodoran mampu bikin kulit ketiak kamu gelap dan iritasi. Serba salah ya! Nah untuk itu, HerStory akan membagikan cara ampuh untuk menghilangkan bau ketiak tanpa deodoran. Yuk ikuti ya! Merangkum dari berbagai sumber, Minggu (2/8/2020).

Jaga kebersihan badan

Nah cara yang pertama, jangan lupa untuk membersihkan badan sesering mungkin, seperti mandi. Gunakan air hangat untuk mandi dan direkomendasikan mandi dua kali sehari ya. Selain itu, jika kamu habis olahraga, pastikan menggunakan handuk segar dan bersih untuk mengelap keringat kamu.

Baca Juga: Fix! Inilah Sejarah Wanita Mencukur Bulu Ketiak!

Baca Juga: Miliki Ketiak Hitam? Tak Perlu Risau! Sederet Bahan Alami Ini Ampuh Cerahkan Ketiakmu

Hindari mengonsumsi daging merah

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi daging merah, seperti daging sapi, kambing, dan lainnya, berpotensi sebabkan bau badan termasuk bau ketiak. Jadi, usahakan jangan terlalu banyak mengonsumsi daging. Kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi ikan dan daging putih, seperti daging unggas.

Jangan lupa untuk mencukur bulu ketiak

Gunanya mencukur bulu ketiak itu supaya bakteri jahat tak menempel pada batang bulu ketiak kamu yang menyebabkan bau menyengat. Usahakan cukur seminggu sekali, supaya bisa meminimalkan bau ketiak.

Gunakan buah lemon

Menggunakan lemon untuk menghilangkan bau ketiak ternyata cara paling efektif untuk membunuh bakteri lho. Caranya, kamu bisa belah lemon menjadi dua bagian, kemudian setiap bagian gosokkan ke ketiak kamu. Ingat! Jangan terlalu cepat, bisa sebabkan iritasi. Setelah sudah, biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air. Jika mau hasilnya maksimal, gunakan setiap hari secara rutin ya!

Gunakan lidah buaya

Lidah buaya yang dimaksud bukan lidah buaya hewan ya! Tetapi, tanaman lidah buaya. Sebab, lidah buaya adalah sumber antioksidan yang mengandung sifat antibakteri. Hal ini membantu menghilangkan bau ketiak secara cepat. Selain itu, lidah buaya juga bisa lho mendetoksifikasi tubuh kamu dan mengurangi bau yang menyengat. 

Baca Juga: Bau Badan Bikin Gak Percaya Diri? Coba 6 Tips Ini!

Baca Juga: Oh.. Jadi Ini Makanan yang Sebabkan Bau Badan, Benarkah?

Caranya pun gampang banget, Beauty. Kamu tinggal oleskan gel dari lidah buaya ke ketiak kamu. Biarkan semalaman dan bersihkan pada esok paginya. Jika merasa tak nyaman, kamu bisa meminum sekitar seperempat cangkir jus lidah buaya setiap hari. 

Nah itu dia cara-caranya, semoga bermanfaat ya!