Menu

Diet Kok Gagal Terus! Begini Cara Jitu Mengurangi Nafsu Makan, Catat Ya!

03 Agustus 2020 12:30 WIB
Diet Kok Gagal Terus! Begini Cara Jitu Mengurangi Nafsu Makan, Catat Ya!

Ilustrasi orang sedang makan (Unsplash/Szabo Viktor)

HerStory, Depok —

Beauty, banyak orang yang berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan badan ideal. Ada yang melakukan diet, operasi, bahkan sedot lemak pun ada. Apalagi wanita, memiliki badan ideal adalah suatu impian mereka. Salah satu cara yang paling menyiksa adalah diet. Bagaimana enggak? Kamu harus menjauhi makanan-makanan favorite kamu, seperti keripik, makanan cepat saji, dan lainnya.

Salah satu penyebab orang kelebihan berat badan karena mereka tak bisa menahan hawa nafsu makan. Mereka tak peduli kandungan apa yang berada dalam makanan tersebut. Kebiasaan makan menyebabkan tubuh menjadi obesitas dan tak sehat. Apalagi orang obesitas itu rentan terkena penyakit serius, seperti diabetes, komplikasi, jantung, dan sindrom metabolik.

Merangkum dari laman Harvard, Senin (3/8/2020) salah satu penyebab orang tak bisa menahan nafsu makan adalah lingkungan makanan yang berlimpah di sekitarnya. Banyak makanan cepat saji yang membuat orang gagal diet. Nah untuk itu, coba yuk tiga cara ampuh ini supaya nafsu makan kamu bisa diatasi. Berikut di antaranya:

Saat sedang makan, kamu harus fokus 

Dikutip dari Medical News Today, ketika kamu sedang makan dan mengerjakan sesuatu yang lain, otak kamu enggak sadar berapa banyak asupan yang masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, kamu merasa tak kenyang dan menjadi lapar terus. 

Jadi, disarankan ketika kamu sedang makan jangan melakukan sesuatu hal yang lain. Fokus saja kepada makan kamu tanpa bermain ponsel, menonton tv, dan lainnya. Dijamin deh kamu enggak akan lapar terus-menerus.

Kurangi kandungan gula dan garam

Garam dan gula adalah bumbu dapur yang mampu meningkatkan hawa nafsu makan kamu. Garam bisa membuat lidah kamu mudah terasa kering dan ingin terus makan. Jika sulit, kamu bisa mengurangi dua bahan dapur tersebut secara bertahap. Pilih bahan lain seperti rempah-rempah untuk mengganti kedua bahan dapur tersebut.

Cari pelampiasan lain

Biasanya, orang makan banyak itu karena gabut, bosan, stres, marah, dan sedih. Mereka mencoba menahan emosi dengan cara mengonsumsi makanan. Untuk itu, carilah hal lain yang membuat kamu terhibur, seperti jalan-jalan, melakukan hobi, atau bermain musik, supaya bisa melampiaskan hasrat lapar dalam diri kamu. 

Semoga bermanfaat ya!