Menu

Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Konsumsi Air Kelapa untuk Tubuh!

03 Agustus 2020 14:42 WIB
Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Konsumsi Air Kelapa untuk Tubuh!

Potongan buah kelapa. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Sudah jadi rahasia umum bahwa air kelapa memiliki beragam manfaat. Air kelapa telah menjadi minuman kesehatan yang memberikan efek peningkatan energi tanpa tambahan kalori atau gula.

Rendah kalori, secara alami air kelapa bebas lemak dan kolesterol. Selain itu, air kelapa yang juga dijuluki sebagai minuman olahraga, ini menjanjikan manfaat mencegah risiko penyakit kanker dan batu ginjal. Tetapi apakah air kelapa benar-benar bermanfaat?

Menyegarkan secara alami, air kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit.  Air kelapa populer digunakan untuk rehidrasi setelah aktivitas fisik atau dikonsumsi saat mengalami diare karena air kelapa memiliki elektrolit alami, seperti kalium, natrium dan mangan. Air kelapa memiliki kalori 45 hingga 60 kalori dalam porsi 8 ons.

Air kelapa juga mengandung kalium yang sangat penting untuk kesehatan jantung dan fungsi kerangka dan otot tubuh. Sekitar 185-207mg potasium terkandung dalam porsi 100ml air kelapa.

Air kelapa adalah minuman yang relatif rendah kalori dibandingkan dengan minuman bersoda atau jus bergula, tetapi tidak bebas kalori seperti air biasa. Klaim bahwa minum air kelapa meningkatkan metabolisme belum didukung oleh penelitian. Seperti yang dicatat NHS, hanya ada sedikit bukti yang mendukung gagasan bahwa makanan dan minuman tertentu dapat memiliki efek signifikan pada metabolisme Anda.

Baca Juga: Benarkah Air Kelapa Ampuh Bikin Kolesterol Jahat Ambrol? Begini Kata Dokter Moms, Biar Gak Salah Paham, Simak Yuk!

Baca Juga: 13 Penyakit Auto Mundur! Ini Khasiat Air Kelapa dan Resep ala Dokter Zaidul Akbar untuk Atasi Masalah Kesehatan, Rugi Kalau Gak Coba!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana