Belakangan ini ramai diperbincangkan mengenai obat herbal corona. Hal tersebut mencuat akibat unggahan video musisi Anji mewawancarai Hadi Pranoto yang diklaim sukses menemukan obat corona.

Banyak yang menganggap bahwa informasi yang dituturkan oleh Hadi adalah bohong. Kesimpangsiuran tersebut pun menuai kontroversi publik.

Untuk itu, pihak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenskes) menegaskan bahwa hingga kini belum ada satu pun pihak yang berhasil menemukan obat corona. Indonesia sendiri kini tergabung dalam riset Solidarity Trial WHO untuk menemukan cara mengakhiri pandemi ini.

"Namun hingga saat ini belum ada satu negara atau lembaga manapun di dunia yang sudah menemukan obat atau vaksin yang spesifik bisa menanggulangi COVID-19," ujar PLt Kabadan Litbangkes dr. Slamet MHP dalam keterangan resmi, Senin (3/8/2020).

"Seluruh pasien COVID-19 dirawat dengan terapi dan obat yang sifatnya suportif yang bertujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh seseorang, sehingga bisa melawan virus Corona," sambungnya.

Tak hanya itu, kemenkes pun memberi imbauan publik figur untuk berhati-hati dalam menyebarkan informasi terkait corona. Tak ketingggalan pula masyarakat diminta untuk mencerna informasi yang beredar agar tak termakan berita bohonh.

Baca Juga: Dokter Paru: Bisa Sebarkan Virus Corona di Udara, Hindari Kerumunan di Kantor dan Restoran!

"Kepada seluruh pihak, khususnya tokoh publik, kami harap dapat memberikan pencerahan tentang COVID-19 kepada masyarakat dan bukan sebaliknya menimbulkan pro-kontra," imbaunya.