Menu

5 Penyakit yang Sering Mengintai Wanita, Hati-hati Moms!

07 April 2022 23:50 WIB
5 Penyakit yang Sering Mengintai Wanita, Hati-hati Moms!

Illustrasi pijat dada wanita (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, setiap wanita akan mengalami berbagai perubahan hormonal sepanjang hidupnya. Akan tetapi beberapa di antaranya perlu ditangani lebih lanjut oleh ahli kesehatan.

Sakit saat menstruasi atau pembengkakan pada payudara terkadang dianggap sebagai hal yang normal, padahal gejala tersebut bisa saja merupakan tanda-tanda dari masalah kesehatan.

Mlenasir dari Indian Express, Kamis (7/4/2022) Dr. Vaishali Joshi, seorang dokter kandungan dan ginekolog mengatakan ada lima tanda yang harus diperhatikan oleh para wanita untuk mendapat penangangan segera dari dokter kandungan.

Rasa sakit yang parah disebut juga dengan dismenorea. Jika sakit ini membuat seorang wanita sampai tidak bisa melakukan kegiatan maka harus segera berkonsultasi ke dokter.

Pemeriksaan klinis dengan sonografi panggul diperlukan sebelum pengobatan definitif ditawarkan. Ketidaknyamanan atau rasa sakit pada vagina. Ini bisa terjadi karena banyak alasan atau faktor.

Tetapi kemungkinan dikarenakan infeksi vagina, infeksi urin atau bisul di kulit dekat bibir vagina (vulva). Terkadang, gejalanya juga disertai dengan keputihan atau gatal-gatal.

Obat-obatan yang dijual bebas biasanya tidak bekerja secara maksimal dan diperlukan penanganan yang tepat dari dokter. Pendarahan setelah berhubungan seks atau pendarahan di antara periode menstruasi

Ini bisa menjadi tanda peringatan sexually transmitted infections (STI) atau disebut sebagai penyakit radang panggul atau kanker serviks atau infeksi.

Baca Juga: Hati-Hati! Bersihkan Miss V Pakai Sabun Bikin Bahaya

Baca Juga: Kamu Suka Pakai Tisu Toilet Usai Pipis? Amankah untuk Kesehatan Miss V?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Oleh: Sri Handari