Menu

Mesti Waspada, Ternyata 5 Hal Ini Bisa Merusak Amal di Bulan Puasa Lho! Nomer 4 Sering Bikin Khilaf...

08 April 2022 10:20 WIB
Mesti Waspada, Ternyata 5 Hal Ini Bisa Merusak Amal di Bulan Puasa Lho! Nomer 4 Sering Bikin Khilaf...

Ilustrasi cegukan (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim karena bulan yang penuh berkah. Mereka berlomba untuk mendapatkan pahala dengan cara berpuasa, mengaji, beribadah, bersedekah, dan lain-lain.

Namun ternyata ada lima hal yang dapat merusak amal puasa. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Dalam Islam.

1. Beramal Tanpa Ilmu

Beramal tanpa ilmu disebut dapat merusak amal selama Ramadhan. Hal itu diungkap oleh Ibnul Qayyim rahimahullah:

“Orang yang beramal tanpa ilmu bagai orang yang berjalan tanpa ada penuntun. Sudah dimaklumi bahwa orang yang rusak karena berjalan tanpa penuntun tadi akan mendapatkan kesulitan dan sulit bisa selamat. Taruhlah ia bisa selamat, namun itu jarang. Menurut orang yang berakal, ia tetap saja tidak dipuji bahkan dapat celaan.”

2. Pelit

Orang yang pelit dikatakan dapat merusak amal baiknya selama berpuasa. Mengenai hal tersebut juga telah diungkap oleh Nabi SAW:

“Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.” Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata, “Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari diwaktu manusia pada tidur.” (HR. Tirmidzi, no. 1984. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

3. Tak Salat

Orang yang sengaja meninggalkan salat saat berpuasa disebut dapat merusak amal baiknya saat Ramadhan. Berikut penjelasan dari sebuah riwayat:

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah pernah ditanya, “Apa hukum orang yang berpuasa namun meninggalkan salat?” Beliau rahimahullah menjawab, “Puasa yang dilakukan oleh orang yang meninggalkan salat tidaklah diterima karena orang yang meninggalkan salat berarti kafir dan murtad“.

Dalil mengatakan bahwa meninggalkan salat termasuk bentuk kekafiran adalah firman Allah Ta’ala.

Baca Juga: Siapkan Diri Menyambut Ramadan, Ini 6 Amalan yang Bisa Kamu Lakukan

Baca Juga: 3 Pahala Bercinta di Bulan Ramadan, Ternyata Dianjurkan Dalam Islam

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza