Menu

Gegara Embel-embel 'Sehat' Bisa Bikin Anak Jadi Picky Eater? Tiati Ya Moms dengan Jenis Makanan Ini!

08 April 2022 11:55 WIB
Gegara Embel-embel 'Sehat' Bisa Bikin Anak Jadi Picky Eater? Tiati Ya Moms dengan Jenis Makanan Ini!

Picky eating in childhood (Good Housekeeping/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Hal yang membuat orangtua pusing adalah ketika anak menjadi picky eater atau sering memilih-milih makanan. Biasanya mereka tak suka memakan sayur dan memiliki cita rasa sendiri yang hanya bisa dinikmati olehnya. Itulah mengapa anak jadi susah makan dan suka menolak apapun yang diberikan.

Namun tahukah kamu kalau ternyata secara tak langsung, orangtua memiliki andil dalam pembangunan sifat anak seperti ini lho.

Ketika orangtua memperkenalkan berbagai cita rasa kepada anak, sangat mudah bagi mereka untuk menyukai rasa gurih seperti yang terdapat pada keripik, cokelat, dan es krim. Sebaliknya, butuh waktu agak lama bagi anak untuk menyukai rasa sayuran dan makanan sehat lainnya.

Dilansir dari Times of India, saat ini, semakin banyak produsen snack dan camilan yang mengklaim produknya sebagai camilan sehat, yang juga disebut sangat bergizi. Misalnya, camilan yang mencantumkan kata 'buah'. Seringkali, hal ini akan membuat para orangtua yakin tentang nilai gizi produk tersebut. Misalnya, pada jus buah kemasan. Padahal, yang sering terjadi, minuman jus ini tak mengandung buah, tetapi ekstrak buah.

Dan yang paling mengkhawatirkan adalah tambahan pemanis di dalamnya. Konsumsi gula, baik gula alami ataupun sintesis, dapat memicu keinginan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan manis. Akibatnya, anak mungkin akan menolak makanan lain yang lebih sehat, seperti protein, karbohidrat, dan lemak baik.

Nah, untuk mengatasi efek camilan yang 'tampaknya sehat' ini, penting bagi orangtua untuk memperluas preferensi cita rasa anak dengan makanan sehat. Biji-bijian utuh seperti sereal, roti gandum, keripik gandum utuh yang rendah garam, dapat kamu berikan sebagai camilan alternatif yang dapat membantu memperluas preferensi cita rasa anak.

Produk susu rendah lemak seperti minuman berbasis kedelai dan susu bebas laktosa adalah pilihan yang baik untuk dimasukkan ke dalam daftar makanan anak. Begitu juga dengan yogurt.

Dan yang juga penting, biasakan anak untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, baik yang segar ataupun olahan, yang dapat berkontribusi pada kesehatannya.

Tentu saja cara ini tak bisa dilihat hasilnya dalam waktu singkat. Oleh karena itu, jadikan hal ini sebagai bagian dari diet reguler anak, sehingga mereka dapat menikmati lebih banyak cita rasa makanan yang menyehatkan.

Baca Juga: Moms, Anak Suka Pilih-pilih Makanan? Ketahui Berbagai Kemungkinan Penyebab Picky Eater

Baca Juga: Kesalahan Orang Tua yang Menyebabkan Anak Terlambat Bicara, Jangan Lakukan Lagi Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza