Menu

Usai Jalani Endoskopi, Ternyata Maia Estianty Alami Penyakit Esofagus: Sakitnya Kayak Disilet-Silet

08 April 2022 09:40 WIB
Usai Jalani Endoskopi, Ternyata Maia Estianty Alami Penyakit Esofagus: Sakitnya Kayak Disilet-Silet

Maia Estianty dan Irwan Mussry (Instagram/maiaestiantyreal)

HerStory, Jakarta —

Maia Estianty belum lama dikabarkan bahwa ibunda Al El Dul ini dilarikan ke IGD lantaran penyakit Gerd yang dialaminya kambuh, bahkan istri Irwan Musry itu pun mengunggah foto dengan kondisi dirinya tengah diinfus.

Namun, beberapa hari lalu Maia Estianty menjalani proses pemeriksaan secara endoskopi dan dirinya pun didiagnosis menderita iritasi kerongkongan atau esofagus.

Kondisi ini diketahui setelah dirinya menjalani endoskopi, prosedur memasukkan selang berkamera (endoskop) melalui mulut.

Akibat iritasi kerongkongan ini, Maia mengaku kesulitan menelan makanan maupun cairan.

"Makanya dari kemarin kenapa aku setiap makan dan minum sakitnya kayak disilet-silet. Waduh, sakit banget. Tapi giliran enggak makan, enggak minum, aman," tutur Maia, mengutip tayangan di kanal YouTube Aleldul TV, Kamis (7/4/2022).

Menurut Alodokter, iritasi esofagus atau esofagitis merupakan peradangan di lapisan kerongkongan yang ditandai dengan sakit saat menelan dan perih di dada.

Kondisi ini dapat dialami siapa saja. Pada anak-anak, esofagitis ditandai dengan kesulitan saat makan atau menelan ASI, serta gangguan pertumbuhan.

Ada beberapa penyebab esofagitis, yakni:

1. Refluks atau naiknya asam lambung ke kerongkongan

Kondisi ini terjadi ketika ketup yang berfungsi menahan isi lambung agar tidak naik ke kerongkongan terganggu.

2. Alergi

Alergi terhadap makanan tertentu dapat menyebabkan esofagitis. Makanan alergen terdiri dari telur, susu, gandum, kacang kedelai, atau daging sapi.

Alergen lain, seperti debu, juga dapat menyebabkan esofagitis.

3. Infeksi

Virus, bakteri, dan jamur dapat menginfeksi jaringan esofagus. Infeksi ini lebih sering terjadi pada orang dengan daya tahan tubuh lemah, seperti penderita HIV, kanker, atau diabetes.

4. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan esofagitis, seperti antibiotik atau pereda nyeri, jika terlalu lama di kerongkongan. Ini bisa dipicu oleh kebiasaan minum obat tanpa meminum air.

Selain penyebab tersebut, esofagitis juga bisa dipicu oleh faktor:

Berusia lanjut, memiliki anggota keluarga yang menderita esofagitis, penyakit alergi, seperti asma atau rhinitis alergi, sering mengonsumsi makanan berlemak atau makan dalam porsi besar, mengonsumsi cokelat, makanan dengan rasa mint, serta minuman berkafein atau beralkohol secara berlebihan, memiliki kebiasaan langsung tidur setelah makan

Menderita berat badan berlebih, dan merokok.

Baca Juga: Mulan Jameela Sentil Soal Perselingkuhan di Konser Dewa 19, Netter Auto Wisata Masa Lalu: Serah Lo Aja Deh Mul!

Baca Juga: Mulan Jameela 'Hipnotis' Banyak Mata Ketika Bawakan Lagu Wonder Woman, Kontroversi Lama Diungkit Lagi: Bagus Sih, tapi...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Yolanda Bonnita