Banyak orang lebih suka mandi air hangat daripada mandi air dingin. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mandi menggunakan air dingin mungkin bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Satu penelitian kecil dari Virginia Commonwealth University mengindikasikan bahwa mandi air dingin dapat membantu meringankan gejala depresi dengan mengirimkan impuls saraf listrik ke otak.

Selain itu ada sebuah artikel di The North American Journal of Medical Sciences menemukan bahwa air dingin bisa meringankan segala hal mulai dari rasa sakit dan peradangan hingga meningkatkan sistem dalam tubuh.

Beberapa peneliti berteori bahwa mandi air dingin dapat meningkatkan manfaat mood atau suasana hati. Sebuah artikel dalam jurnal Medical Hypotheses mengemukakan bahwa mandi air dingin dapat mengaktifkan sistem saraf simpatis dan meningkatkan ketersediaan neurotransmiter seperti norepinefrin dan endorfin, orang mungkin lebih kecil kemungkinannya mengalami gejala depresi setelah mandi air dingin.

Baca Juga: Keramas dengan Air Dingin atau Hangat? Lebih Baik yang Mana, Ya?

Namun, penting untuk dicatat bahwa orang yang memiliki masalah, seperti depresi tak boleh hanya mengandalkan mandi air dingin untuk pengobatan. Semua pengobatan dilakukan harus berdasarkan anjuran ahli.