Beauty, apakah kamu pecinta makanan manis? Jika iya, tentu gula jadi salah satu bahan makanan yang tak bisa dihindarkan. Umumnya gula ditemukan dalam berbagai jenis makanan, seperti dalam kemasan, jus, susu berasa dan yogurt. Tapi, kamu perlu waspada ya! Pasalnya mengonsumsi gula secara berlebih dapat membahayakan kesehatan.

Asupan gula yang berlebihan dikaitkan dengan penyakit diabetes, masalah kardiovaskular (jantung), obesitas, tekanan darah tinggi, kerusakan gigi dan penyakit berbahaya lainnya. Untuk itu, penting menjaga asupan gula demi keberlangsungan hidup.

Lantas berapa banyak asupan gula yang boleh dikonsumsi dalam sehari?

Melansir laman Medical Daily (5/8/2020) The American Heart Association ((AHA) merekomendasikan bahwa wanita harus mengkonsumsi maksimal 100 kalori setiap hari, yang setara dengan 6 sendok teh gula. Namun, pria harus dapat mengkonsumsi 150 kalori gula makanan setiap hari, yang jumlahnya hampir 9 sendok teh.

Baca Juga: Waspada! Konsumsi Gula Berlebih Bisa Sebabkan Infeksi Jamur Vagina

Sayangnya, rata-rata asupan gula harian orang adalah 17 sendok teh. Tentunya itu adalah hal yang buruk karena melebihi konsumsi gula yang disarankan. Satu gram sama dengan 4 kalori, 17 sendok teh berjumlah 71,14 gram, sehingga itu menjadi sangat tak menyehatkan tubuh.