Beauty, melakukan perawatan wajah di rumah, apalagi saat pandemi seperti ini memang sangat menarik untuk dicoba. Berbagai bahan alami, seperti jahe, timun, dan lainnya. Tapi, bagaimana jika perawatan wajah di rumah, malah membuat wajah kamu semakin tambah hancur atau menimbulkan masalah kulit baru? Biasanya, beberapa wanita ada yang mencari rekomendasi cara melakukan perawatan di rumah dengan bahan alami.

Apalagi tergolong murah dan gampang. Tapi bagaimana kalau perawatan yang kamu lakukan itu enggak memberikan efek ke wajah kamu? Bisa jadi kamu melakukan kesalahan fatal sampai menimbulkan masalah kulit baru. Melansir dari Boldsky, Rabu (5/8/2020) berikut kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan perawatan wajah secara mandiri di rumah:

Takaran yang digunakan terlalu sembarangan

Beauty, jika kamu orang yang suka membuat perawatan alami dari bahan-bahan alami, ketahui dulu takaran yang benar. Jangan asal menggunakan bahan tersebut begitu saja tanpa tau takarannya. Sebab, risiko terkena masalah kulit baru terbilang tinggi lho.

Seperti misalnya, kamu menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat. Jika tak tahu takarannya, wajah kamu bisa kebakar dan gosong. Untuk itu, pelajari dulu takaran yang sekiranya harus digunakan.

Tak mengerti jenis kulit masing-masing

Memang sih bahan alami, tapi apakah kamu tahu bahan-bahan yang digunakan sebagai perawatan wajah di rumah untuk jenis kulit apa? Kalau misalnya dari bahan yang kamu gunakan itu tak sejalan dengan kulit kamu bagaimana? Jenis kulit itu ada yang kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif.

Walaupun alami, biasanya ada bahan tertentu yang tak cocok untuk semua jenis kulit. Misalnya, seperti perasan air lemon, memang bagus untuk jerawat, tapi berbahaya untuk kulit sensitif. Supaya lebih aman, kamu harus menelusuri kandungan apa yang bagus untuk kulit wajah kamu ya.

Bahan yang kamu gunakan sudah basi atau tak segar.

Menggunakan bahan-bahan yang masih segar merupakan bahan yang direkomendasikan untuk perawatan wajah di rumah. Jika kamu memiliki bahan yang sudah tak segar atau basi, lebih baik jangan digunakan. Sebab itu bukanlah pilihan yang baik untuk kulit wajah kamu dan malah menambah dosa di wajah kamu. Jadi hati-hati ya!

Menggunakan bahan yang terlalu pekat

Terakhir, jangan asal menggunakan bahan yang pekat atau tinggi pHnya seperti cuka apel dan lainnya. Sebab, sebelum diaplikasikan di kulit, cuka apel harus dicampurkan dengan campuran air agar kulit enggak iritasi.

Jangan mentang-mentang Beauty Vlogger merekomendasikan menggunakan sari cuka apel, kamu langsung mengikutinya dan langsung mengaplikasikannya ke wajah. Ingat! Semua kulit itu berbeda. Jika di dia cocok, belum tentu di kamu cocok.

Baca Juga: Kenali dan Segera Cegah Tinea Corporis, Begini Caranya..

Semoga bermanfaat ya!