Gonore (GO) atau kencing nanah merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang kerap kali terjadi. Biasanya GO dapat dengan mudah dideteksi pada laki-laki. Pada wanita penyakit GO sulit terdeteksi bahkan bisa sama sekali tak menimbulkan gejala awal.

Menurut dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV, CEO Klinik Pramudia, GO yang tak ditangani secara cepat dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Dengan begitu, ia mengimbau para wanita yang tak alami gejala GO untuk mengenali kesehatan reproduksinya sebelum keadaan semakin parah.

"GO yang tidak terdiagnosis dan tidak mendapat pengobatan secara benar dapat menyebabkan komplikasi dari ringan hingga berat," ujarnya dalam Virtual Media Briefing, Rabu (5/8/2020).

Selain itu, dr. Anthony juga memaparkan alasan gejala GO berbeda tergantung jenis kelamin. Ia mengatakan bahwa saluran kemih yang dimiliki laki-laki dan wanita berbeda, sehingga gejala GO yang dialami pun tak akan sama.

"Saluran laki-laki itu lebih panjang, sehingga memungkinkan nanah memproduksi cukup banyak sehingga bisa keluar. Tetapi, pada wanita saluran kemihnya yang pendek tidak memungkinkan dan jarang sekali terbentuk nanah saat terinfeksi Gonore. Bentuk anatomis manusia yang menentukan GO bergejala atau tidak," jelasnya.

Baca Juga: Sulit Dideteksi pada Wanita, Waspada! Gonore Bisa Sebabkan Kemandulan

"Biasanya pada wanita GO baru terdeteksi bila sudah terjadi radang panggul atau terjadi tanda-tanda infertilitas saat periksa ke dokter kandungan," tambahnya.