Menu

Anak-anak Harus Sekolah Daring, EF Meluncurkan Fitur EF Parents untuk Memantau Belajar Anak!

06 Agustus 2020 18:00 WIB
Anak-anak Harus Sekolah Daring, EF Meluncurkan Fitur EF Parents untuk Memantau Belajar Anak!

Christopher Lloyd, Director of Operation EF English Centers for Kids and Teens dengan Elisabeth Maria, Regional Director EF English Centers for Kids and Teens. (English First/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sudah lima bulan kita berada di masa pandemik di mana kita diharuskan untuk melakukan semua kegiatan kita dari rumah, baik dari bekerja maupun bersekolah. Sekolah secara daring dijadikan sebuah metode alternatif untuk pembelajaran tatap muka yang kini sudah dilakukan oleh hampir seluruh sekolah di Indonesia.

Dengan adanya metode baru, membuat orangtua yang memiliki anak sekolah bertanya-tanya apakah metode pembelajaran secara daring ini cukup efektif untuk dilakukan lalu bagaimana anak-anak bisa menghadapi tekanan ketika belajar di rumah?

Menurut Regional Director EF English Centers for Kids and Teens Elisabeth Maria mengatakan bahwa di dalam situasi yang seperti ini peran orang tua sangat penting untuk mendukung pembelajaran anak di rumah, seperti memberikan suasana yang nyaman untuk anak belajar kemudian memantau proses belajar anak baik melalui gawai maupun media digital.

“Dalam sebuah kelas digital, penting untuk kita sadari sebagai orang tua, agar anak-anak tidak merasa tertekan atau bosan saat menerima materi pembelajaran. Hal ini menjadi salah satu yang dilakukan oleh guru-guru kami di EF melalui pembelajaran online-nya. Kami secara konsisten terus memastikan siswa-siswi kami mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dalam lingkungan mereka,” kata Elisabeth di acara parenting webinar bertajuk, “The Rise of Digital Parenting”.

Melihat situasi ini English First (EF) mencoba untuk membantu orang tua agar lebih mudah dalam memantau perkembangan belajar anak di rumah. Karena itulah akhirnya EF meluncurkan sebuah fitur baru yang diberi nama “EF Parents”.

 “EF menyadari pentingnya peran orang tua dalam perkembangan siswa-siswi. Kami pun mengerti tantangan besar yang mereka hadapi dalam proses pembelajaran anak sekarang ini. Untuk itu, EF English Center for Kids & Teens menghadirkan EF Parents, solusi yang dapat mendukung orang tua untuk tetap bisa melakukan peran besarnya dalam menghadapi tantangan pembelajaran anak di era digital. Aplikasi digital ini dirancang khusus untuk membantu orang tua dalam pengawasan dan pendampingan terhadap anak-anaknya.” Jelas Christopher Lloyd, Director of Operations EF English Centers for Kids and Teens.

EF Parents memiliki beberapa fitur yang bisa membantu orang tua  untuk mengetahui dan memantau perkembangan anak mereka selama mengikuti kegiatan kursus. Beberapa fitur utama aplikasi ini diantaranya:

  1. Level: Fitur ini memungkinkan orang tua atau wali murid untuk melihat program kursus yang diikuti oleh anak, serta laporan kegiatan dan perkembangannya di kelas. 
  2. Chats: Fitur ini dapat memudahkan orang tua atau wali murid berinteraksi dengan Progress Advisor untuk mengetahui perkembangan anak-anaknya secara menyeluruh saat menerima pelajaran di kelas.
  3. Media: Orang tua atau wali murid dapat melihat foto atau video dari aktivitas yang dilakukan di kelas, dan mengamati interaksi yang dilakukan anak-anak dalam proses belajar mengajar. Dengan fitur ini, orang tua bisa tetap merasa dekat dengan anak dan membantu menjaga kenyamanan mereka saat belajar.

Pada kesempatan yang sama Irma Dianita, M.Psi, Psikolog menegaskan bahwa usia anak sekolah merupakan usia di mana masih sangat membutuhkan orang tua mereka untuk membimbing. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan sekolah daring ini, orang tua juga diminta untuk mau belajar menggunakan gawai dengan baik dan benar.

 

“Perkembangan anak yang terus berjalan sebagai pengembangan lanjutan masa golden age, membutuhkan pendampingan dari orang tua karena mereka adalah partner utama bagi anak. Di era digital ini, orang tua perlu pemahaman teknologi yang bersinergi dengan pemikiran yang terbuka dan kritis sehingga dapat menjadi support system yang baik dalam menyiapkan bekal pengetahuan teknologi untuk anak. Fasilitas akses digital aplikasi EF Parents ini sangat membantu orang tua untuk mendampingi, membimbing anak serta mengetahui potensi pengembangannya meski dari pembelajaran jarak jauh.”

Baca Juga: Parenthood Institute dari PrimaKu Hadir untuk Bantu Orang Tua Monitori Tumbuh Kembang Anak, Daftar Sekarang Moms!

Baca Juga: Jadi Panutan, 3 Zodiak yang Bakal Jadi Orangtua Terbaik, Kamu Termasuk?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.