Beauty, setiap wanita mendambakan kulit yang sempurna dan bercahaya. Di samping itu, penting  juga lho memastikan kulit tetap sehat. Bagaimana kamu melakukan perawatan, itu tergantung pada jenis kulit. 

Ngomong-ngomong soal perawatan yang disesuaikan jenis kulit, kulit sensitif butuh perawatan yang super ekstra dan enggak bisa sembarang. Tantangan terbesar bagi pemilik kulit sensitif ialah saat memilih produk kecantikan yang tepat.

Beauty, mungkin kamu tahu betul sebagian produk kecantikan bisa saja mengiritasi kulit. Buat kamu si pemilik kulit sensitif, yuk intip tips jitu memilih produk kecantikan yang tepat seperti dilansir dari laman Boldsky, Jumat (7/8/2020).

Gunakan produk tanpa pewangi

Bagi pemilik kulit sensitif, pewangi dalam produk kecantikan bisa menjadi salah satu ancaman terbesar bagi kulit. Hal ini dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan gatal, bahkan sensai terbakar.

Biar aman, hindari penggunaan produk yang mengandung wewangian di dalamnya. Semakin sedikit kandungan bahan dalam suatu produk, semakin aman untuk kulit sensitifmu.

Hindari penggunaan pelembab di area mata

Untuk menjaga agar area bawah mata tetap terhidrasi dan kenyal, gunakan krim mata khusus kulit sensitif. Bukan ide yang baik untuk mengaplikasikan pelembab wajah di bawah mata bagi pemilik kulit sensitif.

Saat menggunakan eyeliner, pilih eyeliner pensil daripada cair atau gel, karena bisa saja mengandung lateks yang justru dapat mengiritasi kulit.

Cari tahu penyebab iritasi kulit

Saat memilih produk, lihat dulu kandungan atau daftar bahan yang tertera. Bahan-bahan tertentu seperti retinol, asam alfa hiroksi, dan alkohol yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Pastikan produk yang kamu pilih, enggak mengandung bahan-bahan tersebut. Enggak cuma itu, catat apa saja bahan lainnya yang mengiritasi kulit selama ini.

Lihat tanggal kedaluwarsa

Buat kamu si pemilik kulit sensitif, penting banget memperhatikan tanggal kedaluwarsa setiap produk. Ingat ya, jangan pernah menggunakan produk yang sudah kedaluwarsa pada kulitmu.

Gunakan scrub yang lembut

Eksfoliasi itu penting banget dilakukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah. Untuk kulit sensitif hindari penggunaan lulur yang bisa berdampak keras pada kulit. Bercak kering, ruam, gatal, dan kemerahan bisa saja terjadi setelah kamu melakukan eksfoliasi.

Biar aman, pilih scrub lembut dengan partikel kecil yang enggak akan membahayakan kulit. Selain itu, jangan lakukan eksfoliasi kulit lebih dari dua kali dalam seminggu ya, Beauty.

Lakukan pacth test sebelum membeli

Lakukan patch test sebelum membeli suatu produk. Olesi produk tertentu ke kulit tangan atau ke belakang telinga. Kalau kulitmu baik-baik saja setelah 24 jam pemakaian, itu tandanya juga aman kalau kamu aplikasikan ke wajah.

Baca Juga: Beauty, Mau Bangun Tidur tapi Tetap Cantik? Yuk, Rutin Lakukan Ini!

Semoga bermanfaat!