Menu

Lagi Banyak Pikiran? Coba Mandi Air Hangat untuk Rileksasi Tubuh, Dijamin Langsung Good Mood!

07 Agustus 2020 07:20 WIB
Lagi Banyak Pikiran? Coba Mandi Air Hangat untuk Rileksasi Tubuh, Dijamin Langsung Good Mood!

Seorang wanita sedang berendam di bathtub. (unsplash/bruce mars)

HerStory, Jakarta —

Beauty, jika kamu sedang merasa banyak pikiran, tertekan, lelah secara fisik, hingga stres coba untuk mandi air hangat deh. Pasalnya ada penelitian yang mengatakan bahwa mandi air hangat bisa meningkatkan kesehatan mental.

Mandi dapat mengangkat suasana hati dan membantu tubuh untuk rileks. Menurut psikolog Neil Morris, yang mensurvei 80 orang yang mandi setiap hari selama dua minggu, mandi dapat mengurangi perasaan depresi dan pesimisme.

"Mandi memberi kesempatan tubuh untuk menghentikan aktivitas harian selama beberapa menit. Ada kombinasi isolasi yang indah, tenang dan nyaman," ujarnya.

Dr. John Harcup, ketua Komite Penasihat Medis untuk British Spa Foundation, mengatakan bahwa mandj air hangat bisa menenangkan pikiran dan membuat tubuh tenang karena kehangatan seperti bayi yang berada dalam rahim.  

Beberapa ahli bahkan mengatakan bahwa mandi air hangat memiliki khasiat penyembuhan penyakit yang praktiknya disebut balneoterapi, atau pengobatan penyakit melalui mandi. Namun, tidak ada cukup penelitian untuk mendukung klaim bahwa mandi dapat menyembuhkan penyakit.

"Meskipun sangat sedikit dari klaim yang didukung oleh studi ilmiah mengenai manfaat mandi untuk penyembuhan penyakit, ada banyak bukti anekdot untuk kemanjurannya (manfaat mandi air hangat)," kata dokter kulit yang berbasis di Minneapolis, Bailey Lee melalui WebMD.

Baca Juga: Ihh! Jarang Mandi Berisiko Sebabkan 4 Kondisi Buruk Ini, Lho! Tubuh Bakal Alami...

Baca Juga: Jangan Asal Basah, Ini 5 Urutan Mandi yang Tepat dan Bisa Cegah Serangan Jantung, Ikutin Nih!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana