Menu

Dijamin Tokcer! Hilangkan Gatal dan Bau, Ini Rekomendasi Obat yang Ampuh Atasi Keputihan

17 April 2022 08:00 WIB
Dijamin Tokcer! Hilangkan Gatal dan Bau, Ini Rekomendasi Obat yang Ampuh Atasi Keputihan

Ilustrasi vagina yang mengalami keputihan (Pexel/Ivan Babydov)

HerStory, Jakarta —

Wanita sering mengalami keputihan yang mengganggu. Sejatinya, keputihan adalah cairan atau zat semipadat yang mengalir keluar dari lubang vagina. Kebanyakan wanita mengalami keputihan sampai batas tertentu, dan sejumlah kecil keputihan merupakan cerminan dari proses pembersihan normal tubuh. Lantas, adakah obat keputihan? Untuk selengkapnya, simak ulasannya berikut ini.

Melansir dari situs Medicine Health (14/4/2022),  jumlah, jenis dan siklus keputihan bervariasi antar wanita. Perubahan keputihan (seperti bau atau warna abnormal atau peningkatan jumlah), atau adanya keputihan yang berhubungan dengan iritasi atau gejala tidak nyaman lainnya, dapat menandakan adanya infeksi.

Diketahui juga bahwa gejala keputihan dapat dilihat dari warnanya. Mulai dari bening ke abu-abu, kuning, kehijauan, atau putih susu, yang mana ini mungkin memiliki bau yang tidak sedap. Untuk gejala dan karakter keputihan tergantung pada kondisi spesifik yang menjadi penyebab keputihan.

Penyebab Keputihan

Masih melansir dari Medicine Health, diketahui bahwa dinding vagina dan leher rahim mengandung kelenjar yang menghasilkan sejumlah kecil cairan yang membantu menjaga kebersihan vagina. Keputihan yang normal ini biasanya berwarna bening atau putih susu dan enggak berbau kurang sedap.

Sejumlah infeksi yang berbeda dapat menyebabkan perubahan jumlah, konsistensi, warna, atau bau keputihan. Adapun penyebab kuputihan, yakni Vaginosis bakterialis, Trichomoniasis, gonore, Chlamydia, dan infeksi jamur.

Obat Keputihan Alami

Untuk mencegah infeksi, praktikkan kebersihan yang baik dan kenakan pakaian dalam yang terbuat dari katun. Rutin ganti pakaian dalam saat terasa sudah lembap. Sedangkan untuk mengatasi dari dalam, Anda bisa makan yogurt yang dapat meningkatkan mikrobioma usus serta mengurangi ragi dalam tubuh.

Baca Juga: Catat Baik-Baik! Ini 6 Jenis Keputihan yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: Sering Alami Keputihan? Ikuti 5 Cara Ini untuk Mengatasinya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Clara Aprilia