Menu

Working Moms, Begini Mengatur Waktu Selama WFH!

Iftihal Muslim Rahman
07 Agustus 2020 19:05 WIB
Working Moms, Begini Mengatur Waktu Selama WFH!

Ilustrasi Work From Home (WFH). (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Working Moms, meskipun sebagian orang sudah melakukan rutinitas kerja di kantor, sebagian lainnya masih sibuk untuk kerja di rumah atau bahasa kerennya WFH. Working Moms harus bisa mensiasati supaya tetap bisa fokus bekerja di tengah ribetnya urusan di rumah.

Pandemi ini memberi banyak pelajaran untuk bersyukur bisa kerja di kantor, sebab kenyataannya kerja di rumah nggak begitu menyenangkan. Makanya, Herstory sudah merangkum apa saja yang bisa Moms lakukan untuk membuat WFH ini terasa cukup baik untuk menjadi rutinitas baru. Simak ya!

1. Siapkan alur kerja

Setiap orang bisa jadi punya alur kerja masing-masing, tergantung job desc dan wewenangnya. Jadi Moms seharusnya nggak terlalu masalah juga karena cuma perlu memindahkan apa yang biasa Moms kerjakan di kantor ke rumah.

2. Bangun Rutinitas

Disiplin diri itu perlu ya, Moms. Jadi, meski cuma di rumah, Moms perlu membuatnya seperti kerja biasa di kantor. Membangun rutinitas itu penting, bangunlah seperti biasa di hari kerja. Lalu segera bersiap. Moms yang butuh olahraga dulu sebelum bekerja, olahragalah seperti biasa. Dandan dan tampil semangat seperti biasa bisa Moms mulai meskipun cuma di rumah.

3. Siapkan Jalur Komunikasi

Siapkan kuota internet Moms karena bakalan butuh lebih banyak dari biasanya. Apalagi kalau Moms perlu tele conferencing beberapa kali dalam sehari. Kuotanya lumayan banyak, ya. Apalagi Working Moms harus ikut serta mengurus pendidikan anak-anak yang juga di rumah saja.

4. Ada agenda istirahat

Selain rentan distraksi rebahan, kerja di rumah juga malah bikin Moms nggak istirahat. Entah sakin enjoy-nya, jadi lupa kalau harus makan siang. Masukkan jam-jam istirahat ini dalam agenda atau to do list. 

5. Tentukan jam kerja berakhir

Terakhir dan paling penting, work from home doesn’t mean jam kerja Working Moms endless. Tentukan sendiri kapan jam kerja selesai. Meski kerjanya di rumah, tapi tetap saja yang namanya kerjaan bakalan datang terus juga kayak di kantor. Jangan buat jadwal kerja jadi mengurangi waktu untuk diri Moms dan keluarga, ya!

Jadi, itulah hal yang harus Working Moms perhatikan, kelelahan luar biasa bikin Moms depresi kalau nggak bisa mengatur semua ini. Ingat, stress bisa datang kapan saja, apalagi kalau kurang istirahat!