Wabah pandemi yang belum tahu kapan berakhir ini membuat anak masih terus belajar di rumah, untuk Moms yang jarang keluar rumah dan sering sibuk di rumah saja pasti hal ini berat banget karena anak seringkali suka main keluar rumah bersama teman-temannya.

Dilansir dari beberapa sumber, Moms perlu memastikan bahwa anak-anak juga melakukan aktivitas fisik yang cukup. Ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anak.

Latihan dan aktivitas fisik sehari-hari dapat membantu anak mengelola stres mereka dan lebih fokus pada pelajaran, lho. Verawaty Budiyanto, founder pusat kebugaran tubuh Urban Athles menjelaskan, "Selama beberapa bulan ini, anak-anak harus lebih banyak meluangkan waktu di depan laptop ataupun gadget untuk sekolah virtual. Dalam jangka waktu lama tentu ini bisa menganggu tumbuh kembang anak, jadi aktivitas fisik harus tetap dilakukan."

Selanjutnya ia memberikan beberapa contoh aktivitas fisik yang menyenangkan yang dapat dilakukan anak-anak untuk menjaga kebugaran tubuh di masa pandemi, diantaranya aktivitas di luar ruangan. Moms harus memahami betul bahwa anak selama ini sudah banyak berdiam diri di rumah, baik itu untuk belajar maupun bermain. Makanya supaya anak senang, ia harus mendapat kesempatan beraktivitas di luar ruangan.

Moms bisa mulai mengajak anak bermain petak umpet, sepak bola atau basker. Apapun selagi masih dilakukan di sekitar rumah. Berikan juga "Beri kesempatan anak ikut beres-beres rumah bersama Moms, ini bisa membuatnya punya aktivitas fisik, bukan cuma belajar terus-menerus.

membersihkan ruangan rumah atau menanam tanaman di halaman. Pastinya anak akan menyukainya," tutur Vera.

Nah, sepedahan jadi hal yang tren di masa kini juga bisa menjadi cara Moms memberikan hiburan untuk anak, Moms bisa ajak anak keliling komplek rumah, ingat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ya, Moms!

"Tidak lupa memakai masker, membersihkan diri setelah aktivitas di luar rumah, dan tentunya jaga jarak. Jika orang tua ingin mengajak anak jalan-jalan santai atau bersepeda, lakukan di luar hari Minggu. Seperti kita ketahui, sekarang banyak orang bersepeda di hari Minggu. Ini tentunya beresiko karena dapat menimbulkan kerumunan," tutur Vera. 

Alternatif lainnya yang bisa Moms lakukan ialah memberikan kegiatan fisik seperti mengikutsertakan anak dalam studio kebugaran atau pelatih pribadi dengan mendaftar kelas olahraga online. Segala aktivitas fisik tersebut di atas akan membuat anak banyak bergerak. Selain dapat menjadikan anak tetap bugar, kegiatan tersebut dapat membuat anak terhindar dari rasa jenuh ketika di rumah.

Moms harus ingat bahwa anak-anak dan remaja, harus aktif secara fisik setidaknya 60 menit setiap hari. Pendidikan jasmani dan aktivitas fisik penting karena membantu mereka tetap sehat, dan dapat meningkatkan prestasi akademik. 

"Aktivitas dengan intensitas tinggi setidaknya 3 hari dalam seminggu. Sedangkan aktivitas yang menguatkan otot dan tulang setidaknya juga 3 hari seminggu. Durasinya minimal 30 menit setiap kali latihan, dan bisa dilakukan di sore hari setelah anak-anak sekolah virtual," jelas Vera.

Baca Juga: Anjlok! Harga Emas Antam Turun Rp15.000, Working Moms Siap Investasi Hari Ini?

Jadi, itulah cara yang bisa Moms lakukan dengan anak supaya anak tetap menjaga kesehatannya dengan aktivitas fisik dan menjaga mentalnya supaya tetap sehat, Moms!