Semakin bertambahnya usia kita pasti kerutan di wajah semakin terlihat jelas. Termasuk kerutan di dahi yang bisa saja membuat penampilan kita menjadi enggak maksimal. Menurut seorang asisten klinis dermatologi di Rumah Sakit Yale New Heaven, Amerika Serikat mengatakan kerutan di dahi terjadi karena adanya gerakan otot dahi yang dilakukan berulang-ulang.

“Kerutan itu dapat terbentuk sejak usia 20 sampai 30 tahun  tergantung anatomi dan seberapa sering kita menggunakan otot dahi tersebut,” ucap asisten klinis dermatologi.

Selain usia, efek dari paparan sinar matahari juga bisa memperburuk keadaan ini karena radiasi sinar UV dari matahari bisa merusak lapisan kolagen sebagai bahan penyusun kulit. Hal ini yang akhirnya membuat kerutan di dahi enggak bisa dihindari lagi.

Berikut ini 4 cara untuk mengatasi kerutan di dahi!

Menggunakan Produk yang Mengandung Kolagen

Cara yang pertama adalah menggunakan produk yang memiliki kandungan kolagen di dalamnya seperti peptide dan retinol. Peptida sendiri dapat membantu pembentukan kolagen dan elastin, sedangkan retinol, selain memproduksi kolagen juga dapat meningkatkan pergantian sel kulit.

Filler

Untuk cara yang satu ini harus dilakukan oleh dokter ya, Beauty. Dokter akan memberikan membantu kamu mengurangi kerutan dengan memberikan beberapa suntikan toksin botulinum seperti botox, disport, xeomin, dan jeuveau.

Laser Peremajaan Kulit

Perawatan yang satu ini ampuh untuk menghilangkan kerutan di dahi secara permanen. Laser pelembap kulit seperti fraxel dan picosure dapat merangsang produksi kolagen untuk menghaluskan garis kerutan dari dalam. Sama seperti perawatan penyuntikan, penggunaan laser peremajaan kulit juga harus dilakukan oleh dokter kulit.

Laser Wajah Rumahan

Baca Juga: Sering Dilupakan, Ternyata Ini Manfaat Melakukan Perawatan Kaki!

Beberapa peralatan dengan teknologi laser untuk menyamarkan kerutan di dahi sudah bisa kamu dapatkan di pasaran lho! Namun, untuk membeli alat-alat tersebut kamu perlu ketelitian. Sebaiknya pilih alat yang sudah direkomendasikan oleh dokter kulit.