Menu

5 Cara Efektif Hilangkan Jerawat dengan Air Mawar, Acne Fighter Mari Merapat!

10 Agustus 2020 11:10 WIB
5 Cara Efektif Hilangkan Jerawat dengan Air Mawar, Acne Fighter Mari Merapat!

Air Mawar (Free Bunni/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang kerap kali dikeluhkan. Munculnya jerawat pada wajah terkadang membuat penampilan jadi enggak percaya diri, bukan? Dear acne fighter, mungkin banyak cara yang kamu lakukan untuk mengusir jerawat membandal dari wajah.

Mulai dari menggunakan produk dari dokter hingga memanfaatkan bahan alami yang mudah didapatkan. Dewasa ini, banyak pula bahan-bahan alami yang dikenal ampuh menghilangkan jerawat, salah satunya ialah Air Mawar.

Air Mawar enggak hanya membantu menyeimbangkan pH dan mengobati wajah berjerawat, tetapi juga membuat kulit lebih bercahaya. Seperti yang dikutip dari laman Boldsky, Senin (10/8/2020), air mawar memiliki sifat astringent yang menjadikannya mampu mengangkan semua kotoran yang menghambat pori-pori.

Enggak cuma itu, Air Mawar juga kaya akan tanin yang membantu mengencangkan kulit. Di dalamnya juga memiliki kandungan sifat antimikroba, antibakteri, dan anti-peradangan yang membuatnya menjadi obat ampuh untuk mengusir jerawat.

Sifat antibakteri dan antimikroba pada air mawar juga mencegah bakteri penyebab jerawat dan menjaga kebersihan kulit. Sifat anti-inflamasinya juga membantu meringankan rasa sakit akibat jerawat dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Banyak banget khasiatnya!

Nah, berikut ini HerStory rangkum lima cara efektif menggunakan Air Mawar untuk menghilangkan jerawat.

Face spray

Kamu bisa menjadikan Air Mawar sebagai face spray. Hanya dengan sedikit Air Mawar sudah cukup untuk meredakan jerawat yang meradang.

Sebelum menggunakannya, ada baiknya wajah dalam keadaan bersih. Semprotkan Air Mawar dan diamkan selama 20-30 detik, setelah itu keringkan menggunakan tisu. Baru deh gunakan pelembab yang disesuaikan dengan kondisi wajah.

Masker 

Kamu bisa mencampur Air Mawar dengan Multani Mitti sebagai masker. Multani Mitti merupakan tanah liat kaloid yang kaya akan mineral, di mana memiliki kemampuan untuk menyerap minyak berlebih dan membersihkan pori-pori secara mendalam. Obat ini ampuh membantu menjaga kulitmu bebas dari minyak dan juga jerawat.

Campur 1 sdm multani mitti dengan 1 sdm air mawar hingga menjadi pasta. Oleskan pasta ini ke wajah dan biarkan mengering. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

Campuran air mawar dengan cuka apel

Cuka sari apel dikenal karena sifat antibakteri dan anti-peradangannya. Kedua kandungan ini dapat membantu mencegah jerawat dan membuat kulit menjadi bersih dan juga sehat.

Campur 1/2 gelas air mawar dengan 2 sdt cuka sari apel. Setelah wajah dicuci bersih, olesi campuran ini dengan kapas ke wajah. Diamkan hingga kering, setelah itu lapisi dengan pelembab.

Campuran air mawar dengan kayu cendana

Sifat anti-inflamasi dari cendana dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan meradang. Enggak cuma itu, kandungan ini juga mampu mengeluarkan kotoran dan minyak berlebih pada kulit.

Campur 2 sdm bubuk cendana dengan 1 sdm air mawar. Cuci wajah dan keringkan. Olesi pasta cendana ini ke wajah dan biarkan mengering. Bilas hingga bersih dengan air dingin.

Campuran air mawar dengan Lemon

Terakhir, kamu bisa membuat campuran lemon dengan air mawar untuk mengatasi jerawat. Lemon kaya akan vitamin C dam antioksidan, di mana terbukti efektif sebagai obat jerawat. Lemon juga dapat mencerahkan kulit yang bisa membantu mengurangi bekas luka jerawat.

Campur 1 sdt air mawar dengan 1 sdt lemon peras. Setelah wajah dicuci bersih, olesi campuran ini ke wajah dengan kapas. Biarkan selama 15 menit dan basuh dengan air dingin setelahnya.

Semoga bermanfaat! Semangat Acne Fighter!

Baca Juga: Nggak Cuma Muncul di Wajah, Jerawat Bisa Muncul di Area Intim dan Sangat Berbahaya Moms, Kenali Tanda-tandanya Yuk!

Baca Juga: Pejuang Acne Merapat! Rangkaian Skincare Ini Aman untuk Tuntaskan Jerawat pada Wajah, Catat Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.