Menu

Puasa Sekaligus Diet, Ahli Gizi UI Sarankan Hal Penting Ini, Kuncinya Konsisten!

21 April 2022 09:01 WIB
Puasa Sekaligus Diet, Ahli Gizi UI Sarankan Hal Penting Ini, Kuncinya Konsisten!

Ilustrasi diet. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, menjalankan ibadah puasa saat Ramadan merupakan kewajiban bagi umat muslim. Kendati sedang berpuasa, bukan berarti kandungan gizi serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bisa diabaikan.

Saat berpuasa, kita harus tetap menjaga kebutuhan nutrisi yang tepat dan seimbang. Hal ini dilakukan agar ibadah puasa bisa tetap dilakukan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berkaitan dengan kesehatan.

Menurut Ahli Gizi dari Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Wahyu Kurniawan, SKM, MKM., jika ditelaah dari sudut pandang keilmuan, puasa Ramadan ini bisa disepadankan dengan diet intermittent fasting.

Melansir dari Healthlineintermittent fasting sendiri adalah pola makan yang menetapkan periode waktu untuk makan dan puasa. Dengan kata lain, istilah ini digunakan untuk mengatur atau pembatasan jam makan.

“Dan sebenarnya yang menarik adalah dengan membandingkan jenis diet yang ada, intermittent fasting ni tergolong paling efektif dalam hal me-manage berat badan dan memperbaiki status kesehatan. Tapi dengan catatan, dilakukan dengan cara yang benar,” tutur Wahyu, saat menjadi pembicara di acara ‘The Worthy Talk’ yang digelar oleh Startconn, di Hotel 101 Dharmawangsa, Jakarta, Rabu (20/4/2022).

“Nah, sebenarnya buat kita yang Muslim ini kesempatan untuk menurunkan berat badan tanpa bersusah payah ikut kelas diet, kita sudah punya kesempatan setahun sekali selama sebulan melakukan intermittent fasting,” sambung Wahyu.

Baca Juga: Masalah Anak Kurang Gizi Harus Diperhatikan, Ini 5 Tips Memutus Rantai Stunting Balita di Indonesia, Catat Moms!

Baca Juga: 4 Sehat 5 Sempurna vs Isi Piringku, Lebih Bergizi yang Mana?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.