Lelah tapi tak bisa tidur? Atau alami kesulitan tidur nyenyak tanpa alasan? Mungkin ini jadi hari yang berat dan melelahkan untukmu. Maka mungkin sudah waktunya kamu untuk bangun dan mandi air hangat.

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa mandi air hangat adalah obat yang terkenal untuk orang yang kesulitan tidur. Menurut kepercayaan populer, keajaiban itu terletak pada suhu air hangat yang membuat tubuh rileks, dan suhu tubuh biasanya turun setelah mandi.

Namun, meskipun itu semua bagus untuk kesehatan, sebuah studi baru mengungkapkan bahwa berendam di air hangat sebelum tidur bertindak sebagai sinyal ke kelenjar pineal otak untuk mulai memproduksi melatonin, yang juga dikenal sebagai hormon tidur.

Lantas waktu terbaik untuk mandi air hangat?

Shahab Haghayegh, seorang peneliti doktoral di Departemen Teknik Biomedis di Universitas Texas di Austin, melakukan analisis terhadap lebih dari 5.000 penelitian. Dalam penelitian ini, ia menyimpulkan bahwa mandi air hangat atau mandi air panas paling baik dilakukan 1-2 jam sebelum tidur. Idealnya, durasi mandi tidak melebihi 10 menit.

Baca Juga: Ini Cara Jitu Supaya Kamu Enggak Mimpi Buruk Lagi!

Selain itu, Shahab juga mengatakan bahwa mandi air panas juga dapat membantu meredakan nyeri tubuh. Orang yang lebih tua cenderung mengalami nyeri tubuh akibat cedera sendi atau artritis. Dengan mandi air hangat itu dapat membantu mengendurkan otot dan mengurangi tekanan pada persendian, seperti lutut. Hal ini memungkinkan tubuh untuk didukung dengan baik, yang kemudian dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi rasa sakit, membantu tidur lebih nyenyak.