Menu

Si Kecil Suka Berkata Kasar? Gini Moms Cara Mengatasinya, Jangan Pakai Emosi Ya

21 April 2022 16:40 WIB
Si Kecil Suka Berkata Kasar? Gini Moms Cara Mengatasinya, Jangan Pakai Emosi Ya

Illustrasi anak suka teriak-teriak (iStockPhoto)

HerStory, Bekasi —

Mendengar anak berkata kasar tentu membuat orangtua kaget dan terkadang langsung naik darah. Namun, jangan langsung memarahi si kecil, Moms. Sebaiknya berikan penjelasan atau nasihat karena pada dasarnya anak belum mengetahui letak kesalahannya.

Tanyakan juga dari mana si kecil mendengar kata-kata yang gak pantas itu. Nah, agar Moms nggak salah langkah, berikut tips menghadapi anak yang suka berkata kasar. Dilansir dari berbagai sumber, simak selengkapnya.

Ajarkan kata-kata pengganti

Setelah ditanya dari mana kata-kata itu berasal, namun anak gak bisa menjawab, maka tugas orangtua selanjutnya adalah mengajarkan kata pengganti yang baik. Sampaikan padanya bahwa itu bukanlah kata yang pantas diucapkan, dan berikan kata pengganti yang baik untuknya.

Kenali teman-teman mereka

Setiap orangtua harus tahu tentang teman-teman balitanya dan cara mereka berbicara. Jika teman-teman mereka menggunakan kata-kata buruk, anak akan diarahkan untuk berpikir bahwa itu adalah kata yang dapat diterima. Ajari si kecil untuk mengikuti apa yang benar.

Pantau tontonan anak

Generasi alpha nampaknya sangat sulit untuk jauh dari gadget, mereka memiliki banyak waktu untuk menonton Youtube dibandingkan bermain dengan temannya. Ada baiknya Moms tetap memperhatikan apa yang mungkin mereka tonton saat menggunakan gadget.

Terkadang tontonan yang menurut anak menghibur, tanpa disadari di dalamnya mengandung adegan-adegan atau kata-kata yang enggak pantas. 

Baca Juga: Apa yang Harus Moms Lakukan jika Si Kecil Bilang 'Aku Benci Kamu'?

Baca Juga: Takut Anak Meniru Perbuatan Buruk Orang Lain? Ini Tips Mengatasinya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.