Beauty, melawan stress pasti sulit banget buatmu. Apalagi kalau lingkunganmu terlalu toksik untuk mengembalikan keadaan mentalmu yang sedang diguncang masalah. Kamu ingin menangis tapi selalu dipaksa kuat, padahal menangis punya manfaat, lho.

Kalau kamu menahan emosimu terus tanpa meluapkannya justru bisa membuatmu mati rasa, bahkan parahnya emosi yang kamu tahan ini akhirnya bakal menjadi bom waktu suatu saat.

Kalau kamu berpikir menangis adalah tanda kelemahan, maka kamu harus lebih memahami betapa bermanfaatnya menangis untuk kesehatan mental dan kesehatan fisikmu.

Berikut adalah 5 alasan kenapa menangis bisa membantumu yang sudah dirangkum Herstory khusus untukmu, Beauty!

1. Toksik dari tubuh dikeluarkan

Menangis mengeluarkan racun dari tubuh dan melepaskan hormon stres kamu, lho. Masih mau menahan tangisanmu cuma untuk terlihat kuat?

2. Membuat penyadaran diri

Menangis dapat membantu kamu menyadari bahwa ada sesuatu yang salah dalam dirimu atau lingkunganmu, Beauty. Ketika kamu hidup dalam lingkungan yang toksik, hal ini bisa membuatmu menyadari itu dan mulai berpikir lebih teliti apakah kamu harus bertahan di lingkungan itu keluar dari sana.

3. Mendapat dukungan

Menangis bisa membantu kamu mendapatkan dukungan dari orang-orang di sekitarmu. Kamu bisa berhenti berpikir kalau kamu hidup sendirian dan nggak mempunyai siapapun yang peduli denganmu, karena bisa jadi kamu terlalu memendam kesakitanmu sampai kamu hidup tanpa ekspresi. Itu bisa membuat orang kebingungan dan sulit berempati tentangmu, lho!

4. Meredakan stres

Terlalu lama dan banyak ditekan oleh perasaan harus baik-baik saja, maka menangis bisa jadi solusi terbaik untuk meredakan stres kamu. Meskipun nggak membuat masalah selesai, tapi seenggaknya kamu bisa lebih tenang dari penyadaran akan sesuatu yang salah, yang menyebabkan kamu stres ini.

5. Membuat mood lebih stabil

Menangis sebenarnya bisa meningkatkan mood kamu dengan menurunkan kadar mangan. Kamu jadi lebih semangat lagi setelah menangis karena semua kesedihan dan kesakitanmu perlahan terurai.

Baca Juga: Hebat! Usai Depresi, Begini Cara Youtuber Molly Burke Menerima Kehilangan Penglihatannya

Jadi, itulah 5 alasan kenapa kamu harus menangis dan kenapa menangis bisa membantumu, Beauty! Satu-satunya manusia yang bisa menyembuhkan sakitmu adalah dirimu sendiri, orang lain hanya membantumu, Tuhan menyerahkan padamu apa yang kamu inginkan dan mengabulkannya, Beauty.