Menu

Aww! Gak Selamaya Enak dan Menyenangkan, Ternyata 5 Kondisi Ini Bisa Bikin Seks Terasa Sakit Bagi Wanita?!

22 April 2022 20:25 WIB
Aww! Gak Selamaya Enak dan Menyenangkan, Ternyata 5 Kondisi Ini Bisa Bikin Seks Terasa Sakit Bagi Wanita?!

Illustrasi Hubungan Seks Gelap-gelapan (Istockphoto/nemke)

HerStory, Jakarta —

Berhubungan seks sudah semestinya menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan bagi pasangan. Namun, siapa sangka bahwa ini juga bisa jadi hal yang sangat menyakitkan bagi wanita lho!

Biasanya rasa sakit ini disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan. Ahli kesehatan seksual, Siyamak Saleh, mencoba menjelaskan beberapa penyebabnya melalui sebuah unggahan TikTok, yang dikutip pada Jumat (22/4/2022) via The Sun.

1. Vaginismus

Vaginismus merupakan pengencangan otot yang tak disengaja di sekitar vagina setiap kali adanya penetrasi, baik dengan pasangan maupun menggunakan mainan seks.

Kondisi ini sangat mengganggu kehidupan seks wanita dan menyebabkan kehilangan kepercayaan diri.

2. Infeksi menular seksual (IMS) dan kandidiasis

IMS dapat membuat berhubungan seks terasa sangat menyakitkan. Seperti klamidia, infeksi human papilloma virus (HPV), gonore, herpes genital dan sifilis.

Sementara kandidiasis merupakan infeksi jamur umum yang biasanya terjadi pada wanita. Kondisi ini bisa membuat tak nyaman dan gatal, tetapi relatif mudah diobati.

3. Kekeringan

Saleh menjelaskan alasan ketika wanita kesakitan saat berhubungan seks adalah karena kekeringan pada vagina. Ini sering terjadi pada wanita yang sedang mengalami menopause.

Kekeringan bisa membuat seks sulit dinikmati karena tak adanya pelumas. Karenanya, penting untuk menggunakan produk pelumas saat akan melakukan penetrasi.

Baca Juga: Ssst! Wanita Harus Tahu, 3 Tanda Suami Ingin Bercinta, Jangan Ditolak Ya!

Baca Juga: Ternyata Ini Lho Alasan 'Bercinta' Sangat Menyakitkan Bagi Wanita, Working Moms Perlu Tahu!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza