Menu

Berkaca dari Kasus Maia Estianty, Ini Makanan yang Perlu Dihindari Agar Tak Terbentu Batu Empedu!

23 April 2022 08:10 WIB
Berkaca dari Kasus Maia Estianty, Ini Makanan yang Perlu Dihindari Agar Tak Terbentu Batu Empedu!

Maia Estianty (Instagram_maiaestiantyreal)

HerStory, Jakarta —

Kemarin, Jumat (22/4/2022) Maia Estianty diketahui telah menjalani operasi untuk memotong kantong empedunya agar batu empedu di dalamnya bisa menghilang.

"Bunda mau operasi batu empedu besok, doain semoga lancar ya," tulis Al Ghazali di unggahan Instagram, Kamis (21/4/2022).

Ternyata, Maia sudah memiliki batu empedu sejak 2016 lalu dan dokter sudah menyarankannya melakukan kolesistektomi sejak 6 tahun lalu.

"2016 dokter sebenarnya sudah menyarankan untuk memotong kantong empedu," kata Maia Estianty di kanal YouTubenya, Rabu (6/4/2022).

Menurut Alodokter, batu empedu terbentuk akibat endapan kolesterol dan bilirubin yang menumpuk di dalam kantong empedu. Penumpukan terjadi karena cairan empedu tak bisa melarutkan kolesterol dan bilirubin berlebih yang dihasilkan organ hati.

Makanan yang harus dihindari

Berdasarkan bukti terbatas, dilansir laman layanan kesehata Inggris (NHS), perubahan pola makan dan penurunan berat badan dapat mencegah batu empedu.

Untuk mencegah terbentuknya batu empedu, pakar menyarankan untuk menghindari makanan yang terlalu banyak mengandung lemak jenuh tinggi. Sebab, kolesterol berperan dalam pembentukan batu empedu.

Jangan terlalu banyak makan-makanan berikut agar batu empedu tak terbentuk:

  • sosis dan potongan daging berlemak
  • Metega, ghee, dan lemak babi
  • krim
  • keju keras
  • kue dan biskuit
  • makanan yang mengandung kelapa atau minyak sawit
  • pai daging

Jadi, disarankan untuk menjaga pola makan sehat dan seimbang. Termasuk banyak makan sayuran dan buah (minimal lima porsi setiap hari).

Ada bukti bahwa makan kacang secara teratur, seperti kacang tanah atau kacang mete, dapat membantu mengurangi risiko pembentukan batu empedu.

Baca Juga: Mulan Jameela Sentil Soal Perselingkuhan di Konser Dewa 19, Netter Auto Wisata Masa Lalu: Serah Lo Aja Deh Mul!

Baca Juga: Mulan Jameela 'Hipnotis' Banyak Mata Ketika Bawakan Lagu Wonder Woman, Kontroversi Lama Diungkit Lagi: Bagus Sih, tapi...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza