Menu

Kenapa Dilarang Tidur Setelah Makan? Ternyata Ini Alasannya Beauty

25 April 2022 20:20 WIB
Kenapa Dilarang Tidur Setelah Makan? Ternyata Ini Alasannya Beauty

Wanita yang tidur memeluk guling. (KlikDokter/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Hayo, siapa nih yang hobi tidur setelah makan? Beauty, kebiasaan langsung tidur setelah makan bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, lho. Melansir dari Genpi, Senin (25/4/2022) Dokter Anna Kartika M.Biomed mengatakan kebiasaan tersebut dapat menyebabkan serangan jantung.

"Menurut penelitian, orang yang makan berat dan langsung tidur kurang dari dua jam 2,8 kali lebih mungkin mengalami peningkatan tekanan darah sepanjang malam," kata Anna.

Anna mengatakan jika tekanan darah tidak turun dan terus terjadi dalam waktu yang lama, hal itu akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

"Misalnya, penyakit jantung koroner, serangan jantung, stroke, dan penyakit kronis lainnya," imbuhnya.

Anna mengatakan penyakit lain yang mungkin timbul ialah asam lambung. Menurut Anna, hal itu terjadi karena makanan yang masuk ke tubuh tidak dicerna dengan baik.

"Gejalanya ialah nyeri di sekitar lambung dan perut kiri atas. Selain itu, ada sensasi panas di dada," ungkapnya.

Maka dari itu, Dokter Anna menyarankan untuk mengambil jeda 3 jam setelah makan untuk tidur. Menurutnya, jeda tersebut merupakan waktu bagi makanan yang telah dikonsumsi untuk melewati proses pencernaan dalam organ lambung.

Dengan demikian, produksi asam lambung akan menurun ketika sudah selesai memproses makanan. 

Baca Juga: Gak Cuma Tidur, 6 Jenis Istirahat Ini Terbukti Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh dan Mentalmu Beauty, Yakin Gak Mau Coba?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.