Februari sangat identik dengan Hari Valentine di dalamnya. Mungkin banyak di antara Beauty yang turut merayakan momen Valentine ini bersama pasangan, teman atau keluarga sekali pun.

Banyak cinta dan kasih sayang yang bertebaran hari ini. Ada pula cokelat, bunga dan kartu ucapan sebagai pemanis dari momen perayaan Hari Valentine yang tepat jatuh pada hari ini, Jumat (14/2/2020).

Beauty jangan sekadar merayakannya saja, kamu juga perlu tahu lho fakta menarik mengenai Hari Valentine. Yuk simak tujuh fakta berikut ini!

Festival Luperica

Beauty perlu tahu, sejarawan percaya bahwa Hari Valentine sebenarnya dimulai di Roma Kuno. Mereka memaknai hari ini sebagai festival kesuburan kafir yang disebut Luperica. Di mana perayaan ini didekasikan untuk Faunus, dewa pertanian Romawi, dan pendiri Romawi Romulus serta Remus.

Menurut Histrory.com, hari itu dirayakan dengan kegiatan termasuk mengorbankan hewann dan mencambuk perempuan dengan kulit binatang sampai berdarah, sebagai pertanda kesuburan mereka. 

Resmi menjadi hari libur yang terkait dengan cinta dan romansa

Pada tahun 1300-an silam, secara resmi Hari Valentine menjadi hari libur yang penuh dengan cinta. Enggak ada lagi pengorbanan hewan maupun wanita yang dicambuk hingga berdarah.

Ketika itu Paus Romawi Gelasius secara resmi menyatakan tanggal 14 Februari sebagai "Hari St. Valentine" atau "Hari Valentine". Hari itu kemudian dikaitkan dengan cinta karena banyak yang percaya bahwa burung memulai musim kawinnya pada 14 Februari.

Surat cinta pertama kali dikirim pada abad ke-15

Mengutip dari Good House Keeping, catatan tertua yang tertera dalam history.com, sebuah puisi yang ditulis oleh adipati pada abad pertengahan Prancis bernama Charles kepada istrinya pada tahun 1415.

Charles menulis catatan manis ini kepada kekasihnya ketika ia dipenjara di Menara London di usi 21 tahun. Salah satu kalimat yang tertera dalam pusi tersebut ialah, "Aku sudah muak dengan cinta, Valentine yang sangat lembut"

Baca Juga: Valentine Jadi Hari yang Paling Romantis untuk Zodiak Ini, Libra Bakal Berbunga-bunga

Bunda Valentine Amerika

Sejauh perjalanan Valentine, orang-orang pun mulai bertukar kartu ucapan dan surat cinta dengan kekasih atau teman-temannya selama abad ke-17.

Tetapi pada 1840-an kartu Hari Valentine pertama diproduksi secara massal di Amerika serikat, dijual oleh Esther A.Howland yang dikenal sebagai "Bunda Valentine Amerika".

Howland mengkomersilkan kartu Hari Valentine di Amerika, ia di kenang karena kartu-kartu tersebut, kartu dengan kata-kata manis yang diberi renda dan pita.

Kotak cokelat berbentuk hati pertama kali diperkenalkan pada tahun 1861

Cokelat berbentuk hati itu pertama kali dibuat oleh Richard Cadbury. Putra dari John Cadbury ini mulai mengemas cokelat dalam kotak mewah untuk meningkatkan penjualan.

Dia memperkenalkan kotak cokelat berbentuk hati pertama untuk V-Day pada tahun 1861. Hingga saat ini, lebih dari 36 juta kotak berbentuk hati dijual setiap tahunnya. 

Hampir 6 juta pasangan bertunangan di Hari Valentine

Di Amerika Serikat sendiri, Hari Valentine adalah salah satu hari populer untuk bertunangan. Hampir setiap tahunnya 6 juta pasangan bertunangan di hari ini. Menurut hasl survei, Hari Valentine terpilih sebagai hari terbaik tahun ini untuk diusulkan daripada hari lainnya. 

Setiap negara merayakan dengan cara berbeda

Banyak negara di Amerika Latin, liburan ini dimaknai sebagai Hari Kekasih atau Hari Cinta dan Persahabatan. Meskipun banyak pasangan yang bertukar cokelat dan bunga, ada pula mereka yang merayakannya dengan cara menunjukkan rasa terima kasih kepada teman-temannya. 

Beda halnya dengan di Jepang, sudah menjadi tradisi bagi para wanita untuk memberikan cokelat dengan kualitas baik kepada pria yang ada dalam kehidupan mereka. Sebulan setelahnya, tepat pada 14 Maret, pada pria akan membalasnya dengan merayakan "Hari Putih".

Nah, kalau Beauty sendiri ikut merayakannya atau enggak nih?