Menu

Musim Mudik Tiba! Dokter Ahli Ingatkan Jangan Vaksin Booster Dadakan Jelang Keberangkatan, Alasannya…

27 April 2022 16:26 WIB
Musim Mudik Tiba! Dokter Ahli Ingatkan Jangan Vaksin Booster Dadakan Jelang Keberangkatan, Alasannya…

Ilustrasi mudik.(Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, Lebaran ini kamu mudik kemana nih? Ingat ya, meski tradisi mudik tahun ini sudah direstui Pemerintah, tapi tetap ada sejumlah persyaratan penting yang harus dipenuhi kamu yang mau mudik nih.

Diantaranya, para pemudik minimal sudah melakukan vaksinasi 2 kali dan mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19. Selain itu, pemudik pun harus tetap mengikuti Protokol Kesehatan (prokes) selama perjalanan.

Terkait hal itu, Dokter Spesialis Paru dari Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K), pun mengimbau masyarakat segera vaksin booster Covid-19, sebelum melakukan perjalanan mudik. Mengingat jumlah pemudik yang diprediksikan sekitar 85 juta orang akan mudik. 

“Fenomena mudik ini kan memang gak bisa dihindari. Pemerintah pun sudah mengizinkannya. Dan saya lihat cakupan vaksinasi sejauh ini lumayan oke. Tapi, kalau bisa yanh mau mudik sebaiknya melengkapi vaksinasi booster dulu. Kita kan mau mudik nyaman dan aman, jadi saya berpedan sebaiknya yang belum booster, hendaknya segera melakukannya,” tutur dr. Erlina saat sesi Media Roundtable Efektivitas Vaksin Covid-19 di Gedung Arkadia Green Park, Jakarta Selatan, Rabu (27/4/2022).

Namun, dr Erlina mengingatkan masyarakat yang belum di-booster untuk tidak melakukan vaksinasi mepet jadwal keberangkatan mudik. Karena, terbentuknya antibodi pasca-vaksinasi itu memakan waktu sekitar 2 hingga 3 Minggu lamanya. 

“Gak boleh mepet waktunya, karena perlindungan yang diberkan vaksin itu gak terjdiseketika. Butuh waktu buat vaksin ini bekerja untuk merangsang antibodi. Sekitar 2-3 minggu itu (antibodi) baru terbentuk. Jadi, intervalnya jangan berdekatan dengan mudik,” tegas dr. Erlina.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Kembali Melonjak, Bakal Ada Vaksin Dosis Keempat? Ini Kata Satgas Covid...

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Belum Usai, Pakar Kembali Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Booster, Jangan Sampai Enggak Ya Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.