Menu

Tips Persiapan Mudik Bersama Bayi Menggunakan Pesawat, Mudik Jadi Lancar dan Nyaman!

28 April 2022 16:00 WIB
Tips Persiapan Mudik Bersama Bayi Menggunakan Pesawat, Mudik Jadi Lancar dan Nyaman!

Pesawat Sriwijaya Air (The Jakarta Post/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Menjalani mudik Lebaran bersama anak, terkadang bukanlah hal yang mudah. Berbagai persiapan perlu dilakukan, ditambah beragam kendala yang bisa ditemui di tengah perjalanan. Salah satunya, persiapan mudik menggunakan pesawat terbang. 

Namun sebenarnya, kunci dari perjalanan yang nyaman bagi Ibu dan bayi adalah persiapan yang baik. 

Lalu, apa saja yang perlu dilakukan dan dipersiapkan ketika Moms berencana untuk membawa bayi mudik menggunakan pesawat? 

Berikut tips-tips persiapan perjalanan mudik menggunakan pesawat terbang dengan anak yang masih bayi.

Ke dokter dulu

Pertama-tama, orangtua perlu mengecek apakah bayi sudah cukup umur untuk terbang dengan pesawat. Periksalah pada dokter untuk memastikan bayi sehat dan boleh naik pesawat.

Pilih jam penerbangan dan bangku yang tepat

Usahakan membeli tiket yang sesuai dengan jam tidur bayi. Moms juga bisa mempertimbangkan untuk membeli bangku sendiri untuk bayi, terutama untuk penerbangan jarak jauh.

Jangan lupa, cari tempat duduk yang nyaman untuk bayi. Biasanya kursi di baris terdepan memiliki ruang ekstra untuk tempat tidur khusus bayi yang disediakan oleh maskapai.

Tutup kupingnya

Perlukah untuk tutup telinga bayi saat naik pesawat? Setiap bayi berbeda, tapi sebaiknya bayi disusui ketika take off dan landing, untuk mencegah telinganya sakit akibat perubahan tekanan udara.

Hal itu sebenarnya sudah cukup untuk melindungi telinga bayi saat naik pesawat tapi jika bayi masih terganggu oleh suara keras mesin pesawat, Dads dan Moms bisa menggunakan earmuff untuk menutup telinga bayi saat naik pesawat.

Ganti popok sebelum terbang

Memang, pesawat terbang menyediakan toilet, tetapi dengan luas ruang yang kecil sehingga susah mengganti popok di toilet. 

Lalu, mengganti popok di bangku pesawat tentu bisa mengganggu penumpang lain.  Akan tetapi, jika tak diganti, bayi akan rewel karena nggak nyaman dengan popoknya.

Oleh karena itu, sebelum memasuki pesawat, gantilah popok bayi, untuk mengantisipasi faktor penyebab bayi rewel di pesawat.

Jangan panik tetap tenang

Jika bayi rewel atau menangis, tetaplah tenang dan lakukan apa yang biasa Moms lakukan ketika bayi menangis di rumah.

Jika bayi masih rewel, orangtua bisa menggendong dan mengajaknya berjalan-jalan di sepanjang lorong pesawat. Pastikan bayi dalam keadaan cukup nyaman, misalnya bajunya tidak terlalu tebal, perutnya tidak kembung dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, jangan takut untuk membawa bayi saat naik pesawat. 

Baca Juga: Bahaya! Kamu Tetap Nekad Ingin Mudik di Tengah Pandemi COVID-19? Coba Pikirkan Alasan Ini!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bakal Dirindukan Ketika Mudik Dilarang, Kamu Pernah Alami yang Mana?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Oleh: Cherryn Lagustya