Menu

Waspada! Penyakit Diabetes Bisa Menyerang Anak Sejak Usia Dini Lho

28 April 2022 16:10 WIB
Waspada! Penyakit Diabetes Bisa Menyerang Anak Sejak Usia Dini Lho

Ilustrasi Diabetes (Freepik.com/xb100)

HerStory, Bekasi —

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang bisa diwariskan dari garis keturunan (genetik). Rupanya penyakit gula darah ini bisa menyerang anak-anak dari sejak dini, lho.

Dokter umum, Novita, mengungkapkan, cara tepat untuk mengendalikan diabetes sejak usia dini adalah menjalankan pola hidup sehat.

"Bila orang tua menderita diabetes, maka sudah dipastikan sang anak akan menjadi sasaran keturunannya," jelas Novita kepada media sindikasi GenPI.co.

Dia menjelaskan, sedangkan bila kedua orang tua memiliki riwayat penyakit diabetes sang anak sudah pasti memiliki resiko hingga 50 persen.

“Diabetes dapat menyerang siapa saja, tidak hanya orang tua,” lanjut Novita.

Ia melanjutkan, saat usia dini bila anak nggak menjaga makanannya tentu resiko 50 persen risiko diabetes pasti meningkat pesat.

"Maka orang tua penting menyadari bahwa dirinya memiliki riwayat diabetes, disarankan untuk mengubah pola hidup sang anak, agar resiko dapat diminimalisir," tuturnya.

Novita menyarankan, untuk memilih pola hidup sehat bukan berarti tidak mengonsumsi gula sama sekali. Namun, dikontrol secara bertahap.

"Orang yang menderita diabetes tetap boleh mengonsumsi gula, namun dengan takaran sesuai anjuran dokter," tuturnya.

Baca Juga: Salut! 12 Selebritis Hollywood Rela Menjadi Ibu Rumah Tangga

Baca Juga: Sedang Musim Penyakit, Seberapa Penting Sih Vitamin Bagi Anak? Ini Tanggapan Ibu...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Oleh: Cherryn Lagustya