Beauty, mungkin tak sedikit di antara kamu yang mengalami kulit di bagian tertentu berubah menjadi gelap dan menghitam. Salah satunya ialah kulit di bagian selangkangan. Selangkangan yang gelap dan menghitam mungkin menjadi masalah besar bagi kamu yang senang memakai hotpants atau dress pendek lainnya. 

By the way, kamu tahu kenapa kulit di bagian selangkangan atau area paha ini bisa menghitam? Hal ini dikarenakan adanya produksi melanin berlebih di kulit paha. Melanin sendiri merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit. Kalau melaninnya berlebih akan menyebabkan hiperpigmentasi yang berujung pada warna kulit yang lebih gelap.

Enggak cuma itu, selangkangan yang menghitam juga terjadi karena kamu enggak bisa menjaga kebersihan di sekitarnya, hormon yang enggak seimbang, berat badan yang berlebih, hingga karena faktor usia.

Tapi tenang aja Beauty, selangkangan yang menghitam bisa diatasi kok. Salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang jauh lebih aman dipakai. Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/8/2020), berikut lima bahan alami yang bisa kamu gunakan.

Jeruk nipis atau lemon

Jeruk nipis dan juga lemon kaya akan vitamin C di dalamnya. Kandungan ini dikenal efektif memutihkan kulit secara alami. Untuk mengatasi kulit selangkangan yang gelap, kamu bisa menggunakan salah satu dari golongan buah citrus ini.

Kamu bisa menggosokkan langsung jeruk nipis atau lemon pada area selangkangan yang hitam setelah mandi. Lalu bilas dengan air hangat, lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang lebih baik.

Gula pasir

Selanjutnya, kamu bisa mengandalkan gula pasir untuk dijadikan sebagai scrub. Gula secara alami dapat membantumu mengeksfoliasi kulit. Eksfoliasi itu penting dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru. 

Kamu bisa membuat scrub ini dari campuran 1 sdt gula, 1 buah lemon yang sudah diperas, dan 1 sdm madu. Gosok lembut ke area paha dan bilas setelahnya.

Bengkuang

Selain gula, kamu bisa juga menjadikan bengkuang untuk memutihkan selangkangan. Buah yang satu ini memang dikenal dapat mencerahkan dan memutihkan kulit. Bengkuang kaya akan vitamin B dan C di dalamnya. Seperti yang sudah dikatakan, Vitamin C dikenal ampuh mencerahkan kulit yang gelap.

Cara menggunakannya gampang banget kok, parut bengkuang dan peras sarinya. Jadikan lulur saat mandi dan diamkan selama 10-15 menit agar nutrisinya terserap. Setelah itu bilas dengan air hangat untuk hasil yang lebih maksimal.

Kentang

Kentang memiliki kandungan antibiotik di dalamnya. Kandungan ini dikenal ampuh membantu regenerasi dan mencerahkan kulit yang kusam. Kamu bisa menumbuk kentang yang sudah direbus terlebih dulu.

Campur dengan 2 sdm susu dan aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pada bagian selangkan dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air setelahnya.

Lidah buaya

Terakhir ialah lidah buaya. Selain bagus untuk pertumbuhan rambut, lidah buaya juga dikenal ampuh mencerahkan selangkangan yang gelap. Kandungan zat aloin di dalmnya dapat menetralisir kulit lecet akibat iritasi, serta kandungan lain yang dapat mencerahkan kulit. Olesi lidah buaya seperti lotion dan diamkan beberapa menit agar meresap ke dalam kulit selangkangan.

Baca Juga: Tampil Fresh Anti Pucat Selama Puasa, 5 Item Make Up Ini Bisa Kamu Pakai saat Berias di Bulan Ramadan Lho!

Semoga bermanfaat!