Pada 9 November 2019 lalu, sepasang kekasih yang nekat menikah dengan perbedaan budaya yaitu Bak Sungwon dan Hesty yang merupakan orang Korea dan Indonesia ini menjadi perbicangan warganet. Untuk kamu yang kepo dengan kisah perjalanan cinta mereka kamu bisa mampir ke kanal YouTube mereka ya, Beauty!

Pernikahan mereka di gelar di rumah Hesty dan diresmikan secara agama di Indonesia, diketahui sebelum menikah, Bak Sungwon memutuskan untuk mengikuti keyakinan sang istri.

"Aku butuh sertifikat (muslim) itu untuk menikah dengan pacar aku ya Hesty," kata Bak Sungwon, dalam YouTube Hebak Cuci

Ketika akad nikah, keluarga besar Bak Sungwon menghadiri acara tersebut dengan datang langsung dari Korea Selatan. Keluarga Sungwon hadir satu hari sebelum pernikahan tersebut digelar dan menempuh waktu tujuh jama dari Korea hingga ke Indonesia.

Sebelum dilakukannya hijab Kabul, Sungwon mencium tangan orang tua Hesty dan begitu juga dengan Hesty yang mencium tangan calon mertuanya tersebut. Setelah meminta restu akhirnya prosesi ijab Kabul dilakukan dan dengan mantab serta lancar, Sungwon bisa mengucapkan ijab Kabul dengan lancar menggunakan bahasa Indonesia.

Tetapi, ketika diminta untuk membaca buku nikah mereka, Sungwon sedikit kikuk dan bingung, untungnya Hesty dan penghulu segera membantu Sungwon untuk membacakan isi dari buku nikah.

Prosesi akad nikah sudah selesai dilaksanakan, kini tinggal mengadakan respesi pernikahan mereka. Acara resepsi ini diselenggarakan dengan menggunakan adat Jawa, Hesty terlihat cantik menggunakan pakaian beludru hitam adat jawa.

"Laki-laki Korea Bak Sungwon. Wanita Indonesia Hesty. Menjadi satu," demikian sepenggal tulisan dalam video pernikahan keduanya.

Namun, pesta pernikahan mereka enggak usai sampai di situ. Setelah menggelar acara pernikahan di Indonesia, Hesty dan Sungwon berangkat menuju Korea Selatan untuk memperkenalkan Hesty kepada keluarga besar di sana.

"Alhamdulillah keluarga Oppa sangat baik dan semua menyambutku dengan senang," kata Hesty.

Ketika acara pernikahan keduanya di Korea Selatan, Hesty terlihat enggak menggunakan hijabnya seperti ketika di Indonesia. Hal ini dikatakan Hesty bahwa kurangnya waktu persiapan pernikahan di Korea yang membuat dia enggak menggunakan hijab.

"Waktu itu aku sama sekali belum tau gaun apa yang aku pakai di korea. Jadi di sini aku kurang persiapan juga. Persiapan pernikahan di korea cuma ±2 hari sebelum hari H. Dari fitting baju, dll. Eomma sudah memilihkan aku gaun sebelum aku datang ke korea. Waktu aku melihat baju itu, aku pikir "ah nanti bisa pakai manset (baju dalaman panjang)". Tapi waktu aku coba gaun itu, ternyata gaun itu sangat ngepas sekali sama badanku dan hampir tidak bisa di kancing. Rasanya sesak. Bahkan pakai tanktop pun ga muat," tulis Hesty.

"Dan waktu itu oppa mengatakan ke aku "ayo coba pilih gaun yang lain". Dan ternyata gaun yang lain, lebih terbuka dan lebih kecil. Jadi gaun yg eomma pilihkan itu lebih baik lebih tertutup dari yg lain," sambungnya.

Baca Juga: Istri Wajib Tahu, Ini Pentingnya Berhubungan Intim Bagi Suami

Untuk kelancaran acara, Hesty akhirnya memutuskan melepas hijabnya. Bagi Hesty, ini bukan keputusan yang terbaik untuk dirinya, tapi terbaik untuk semuanya.