Beauty, olahraga lari atau jogging memang sehat banget dan gampang banget. Manfaatnya efektif buat meningkatkan kesehatan badan dan sebagai sarana menurunkan berat badan. Tapi enggak semua orang semangat buat jongging, lho.

Banyak banget orang yang malas untuk jogging, kamu mungkin salah satunya. Nah, supaya kamu tetap semangat ternyata ada caranya. Herstory sudah merangkum cara yang gampang banget buat kamu coba, Beauty.

1. Berlari sambil mendengarkan musik

Mendengarkan musik saat berlari dapat menghindari kebosanan dan beberapa jenis musik akan mampu membuat semangat kamu terpompa dan berlari lebih jauh dari biasanya. Buatlah playlist lagu dengan irama dan tempo musik yang sesuai dengan jarak dan kecepatan lari yang kamu mau.

2. Ajak temanmu

Kalau kamu memiliki teman yang suka berlari atau mengikuti sebuah klub perkumpulan yang senang berlari maka kamu akan kesulitan mencari alasan untuk nggak berlari atau jogging. Ini karena dengan memiliki teman berlari maka diri kamu akan termotivasi dan lebih bersemangat.

3. Rute berlari yang berbeda

Banyak pelari bosan dengan rute sama yang dijalani setiap harinya, rutinitas saja membosankan, bukan? Makanya, supaya nggak jenuh dan bosan maka direkomendasikan untuk memvariasikan rute lari yang ditempuh serta melakukan variasi tingkat kesulitan dalam berlari (contoh: rute tanjakan & turunan).

4. Ingatlah jogging meredakan stress dan depresi

Meskipun berlari secara fisik akan membuatmu lelah, tapi berlari dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani seperti meningkatkan kualitas tidur, menghilangkan stres, mengurangi depresi dan menenangkan pikiran. Berlari atau jogging membuat kamu lupa tentang masalah hidup untuk sementara dan membuat kamu tetap bersemangat menjalankan aktivitas sehari-hari, hal ini bisa merupakan sebuah motivator yang kuat untuk terus berlari.

5. Ada hasil akhir yang kamu capai

Entah itu berlari sendirian atau bersama-sama teman dengan membayangkan garis finish (batas akhir latihan) sebelum mulai jogging dapat memotivasi kamu untuk terus berlari meskipun kaki telah lelah. Kalau tujuan akhirmu adalah untuk menurunkan berat badan dengan cara berlari, maka bakal membantu banget kalau kamu membayangkan dirimu saat nantinya berat badan turun, terlihat lebih kurus, bugar dan dapat memakai baju idaman yang sebelumnya sempit dan enggak muat dipakai.

Baca Juga: Kesehatan Mental Kacau, Ini Tips Ampuh Mengelola Stres di Masa Pandemi

Semangat untuk tetap sehat, Beauty!