Menu

Moms Begini Tips Mencegah Penyebaran Infeksi pada Anak, Catat Ya!

09 Mei 2022 16:10 WIB
Moms Begini Tips Mencegah Penyebaran Infeksi pada Anak, Catat Ya!

Ilustrasi seorang anak terinfeksi tuberkulosis/TBC. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bekasi —

Anak kecil memang lebih rentan terkena infeksi karena sering melakukan kontak dekat dengan banyak anak lain. Selain itu, anak-anak memiliki kecenderungan untuk menyentuh wajah, atau memasukkan sesuatu ke dalam mulut.

Dokter Nina Dwi Putri, SpA(K) dari Unit Kerja Koordinasi Infeksi Tropik Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan bahwa kebiasaan-kebiasaan ini menyebabkan infeksi lebih mungkin terjadi. 

"Hal ini terutama berlaku di antara bayi dan balita yang cenderung menggunakan tangan mereka untuk menyeka hidung atau menggosok mata mereka dan kemudian memegang mainan atau menyentuh anak lain," kata dr. Nina, sebagaiman dikutip via Akurat.co, Senin (9/5/2022).

Oleh sebab itu, para orang tua diimbau untuk aktif menerapkan beberapa tips pencegahan infeksi agar anak-anak tetap bisa bermain dan beraktivitas dengan aman. Pertama, segera lengkapi imunisasi anak. 

"Imunisasi adalah cara paling efektif untuk melindungi anak-anak dari berbagai infeksi tertentu pada masa kanak-kanak," ujarnya. 

Bukan hanya itu saja, tindakan ini juga akan melindungi anak-anak lain yang belum mendapatkan imunisasi. Baik karena masih terlalu mudah atau memiliki kondisi medis yang menghalangi anak-anak untuk divaksinasi.

"Imunisasi menghentikan penyebaran infeksi di masyarakat dengan memberikan kekebalan kelompok," pesan dr. Nina. 

Saat anak sakit, baik batuk pilek, diare, demam, belekan, ruam-ruam, dan lain-lain walaupun ringan, pastikan untuk tetap berada di rumah kecuali perlu berobat ke dokter.

Hal ini sangat penting demi mencegah penyebaran lebih lanjut. Selain itu, anak juga dapat beristirahat dengan maksimal sehingga proses penyembuhan dan pemulihan bisa lebih cepat. 

"Perlu diingat bahwa infeksi dapat menular beberapa hari sebelum gejala muncul dan sesudah gejala hilang. Pastikan anak sudah pulih baru beraktivitas kembali," tegasnya.

Lebih lanjut, dr. Nina mengatakan bahwa ada beberapa penyakit yang lebih mudah ditularkan jika suasana terlalu padat dan sirkulasi udara yang buruk.

Apalagi daya tahan tubuh bayi baru lahir biasanya belum terlalu sempurna, sehingga jika dibawa ke tempat ramai akan lebih mudah terkena penyakit.

Baca Juga: Salut! 12 Selebritis Hollywood Rela Menjadi Ibu Rumah Tangga

Baca Juga: Sedang Musim Penyakit, Seberapa Penting Sih Vitamin Bagi Anak? Ini Tanggapan Ibu...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Oleh: Cherryn Lagustya