Menu

Tisu Khusus Miss V, Apakah Aman Digunakan? Begini Kata Dokter

09 Mei 2022 23:40 WIB
Tisu Khusus Miss V, Apakah Aman Digunakan? Begini Kata Dokter

Ilustrasi miss V. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Rembang —

Saat ini banyak wanita yang menggunakan tisu khusus pembersih area kewanitaan sebagai pengganti tisu toilet. Walaupun dibuat khusus untuk menjaga kebersihan area kewanitaan, sebagian besar tisu kemasan, termasuk tisu ini, mengandung bahan kimia.

Misalnya seperti bahan pengawet dan pewangi. Ini bisa menyebabkan reaksi alergi.

Dilansir dari Women Voices, sebuah proyek penelitian singkat dilakukan dengan meninjau 150 ulasan online negatif mengenai penggunaan feminine wipes. Ulasan-ulasan tersebut mengeluhkan reaksi kulit terhadap beberapa merek tisu tersebut.

Namun, belum ada penelitian yang pasti dan dalam skala besar mengenai dampak jangka panjang penggunaan tisu kewanitaan bagi kesehatan.

Kemudian, dr. Alyssa Dweck, seorang asisten profesor ginekologi di Mt. Sinai School of Medicine mengatakan bahwa penggunaan produk kebersihan ekstra higienis untuk area kewanitaan justru berisiko berfungsi sebaliknya.

Bahan-bahan kimia yang terkandung bisa mengganggu keseimbangan bakteri normal dan sehat pada area kewanitaan. Ini bisa membuat area kawanitaan menjadi lebih rentan terhadap infeksi, keputihan, dan bau tidak sedap. 

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Membersihkan Miss V

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Kamu Gunakan untuk Membersihkan Miss V, Ampuhkah?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.