Menu

4 Manfaat Origami untuk Perkembangan Anak, Jangan Malah Main Gadget Terus!

10 Mei 2022 16:20 WIB
4 Manfaat Origami untuk Perkembangan Anak, Jangan Malah Main Gadget Terus!

Origami. (Pixabay/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Apakah anak Moms sering bermain origami? Seni melipat kertas origami rupanya gak hanya sekadar permainan sederhana saja, lho. Jika rutin dilakukan, permainan asal Jepang ini memiliki manfaat dahsyat untuk perkembangan anak.

Tentu ini menjadi alternatif menarik untuk orangtua dalam memberikan edukasi yang bermanfaat. Selain itu, origami juga bisa mengurangi kecanduan anak terhadap gadget.

Di bawah ini terdapat manfaat luar biasa dari permainan origami seperti dilansir dari sindikasi GenPi.co. Apa saja?

1. Melatih Ketekunan

Untuk menghasilkan satu karya origami memerlukan ketekunan dan kesabaran. Salah sedikit, hasilnya akan berbeda. Jika anak terbiasa bermain origami, lambat laun ketekunan dan kesabarannya akan terasah.

Ia akan menjadi pribadi yang tangguh dan gak mudah menyerah jika mendapati kegagalan. Sebaliknya ia akan memperbaiki kesalahan hingga akhirnya berhasil.

2. Melatih Kedisiplinan

Bermain origami juga akan menumbuhkan kedisiplinan anak dalam mengikuti instruksi. Secara gak sadar, anak akan belajar jika ia mengikuti instruksi dengan benar maka hasil yang didapat sesuai ekspektasinya.

3. Menstimulasi Kemampuan Anak dalam Memecahkan Masalah

Anak yang terbiasa bermain origami sama halnya sedang mengasah kemampuannya dalam memecahkan masalah. Misalnya, hasil origami yang berbeda dengan contoh yang ada di instruksi, maka ia akan menganalisa kira-kira di tahap apa ia melakukan kesalahan.

Jika sudah menemukan letak masalah, maka sudah pasti ia bisa memperbaikinya.

Selain itu, kemampuan anak dalam hal fokus dan teliti juga akan terasah secara bersamaan. Karena untuk menemukan atau menganalisa masalah, diperlukan kefokusan dan ketelitian.

4. Merangsang Imajinasi Anak

Dengan bermain origami, anak juga dirangsang untuk senantiasa mengembangkan imajinasinya. Anak akan membayangkan akan seperti apa kertas yang hendak ia bentuk.

Sehingga kedepannya kreativitas anak akan semakin terasah dan menghasilkan karya origami yang orisinil.

Baca Juga: Jangan Dilarang Ya Moms, Bermain Ternyata Bermanfaat untuk Tumbuh Kembang Anak Lho

Baca Juga: Moms, Memeluk Anak di 7 Waktu ini Penting Banget, lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Oleh: Cherryn Lagustya