Air lemon menjadi salah satu minuman alami yang memiliki banyak khasiat baik untuk tubuh kita lho apalagi kalau dikonsumis secara rutin. Meski baik untuk tubuh, kamu harus tetap memperhatikan jumlah air lemon yang kamu minum. Karena jika terlalu banyak maka akan membahayakan lambung kamu juga.

Nah, selain untuk menyegarkan tenggorokan kita, air lemon memiliki manfaat lain untuk tubuh kita, mau tahu apa saja? Yuk kita lihat!

Kaya akan Vitamin C

Menurut salah satu institut kesehatan di Amerika Serikat mengatakan bahwa air dari satu buah lemon memiliki kandungan 30mg vitamin. Kandungan ini bisa memenuhi 33i kebutuhan harian sebanyak 90mg yang direkomendasikan untuk pria dan 40i 75mg untuk wanita.

Selain itu, vitamin C memiliki manfaat untuk mendukung kekebalan tubuh sehingga bisa membantu kamu dalam menjaga daya tahan tubuh dari virus dan juga bakteri yang menyebabkan penyakit. Kemudian, vitamin C juga mampu meningkatkan penyerapan zat besi yang penting banget untuk sel-sel bisa bertahan dan juga tumbuh.

Menurunkan Berat Badan

Air lemon memiliki kalori yang rendah, sehingga bisa menjadi pengganti yang cocok untuk minuman yang enggak sehat seperti soda, es teh dan minuman enggak sehat lainnya. Kemudian, air lemon bisa membatasi asupan kalori dan berpotensi untuk membantu menurunkan berat badan.

Pada tahun 2012, sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa yang mengalami obesitas dan mengganti minuman mereka dengan air atau minuman non-kalori seperti air lemon bisa membantu penuruan berat badan rata-rata 2% hingga 2,5% setelah enam bulan.

Mencegah Batu Ginjal

Manfaat selanjutnya adalah mencegah batu ginjal. Kandungan asam sitrat yang ada di dalam jus lemon bisa membantu kamu dalam mencegah perkembangan batu ginjal lho! Sitrait, garam dalam asam bisa mendukung perkembangan mekanisme pencegahan dengan meningkatkan kalsium dalam urine.

Menyegarkan Nafas

Baca Juga: Bikin Tubuh Sehat! 4 Manfaat Minum Air Lemon dengan Madu, Apa Saja Ya?

Manfaat terakhir dari jus lemon adalah membunuh bakteri penyebab bau mulut dari asam sitrat yang terkandung di dalamnya. Tetapi kalau asam nitrat yang kamu konsumsi terlalu banyak maka akan menyebabkan bau napas semakin parah karena adanya gangguan gastroesophageal reflux (GERD).