Siapa yang enggak tahu dengan buah jeruk? Mudah ditemukan, jeruk jadi salah satu buah yang paling populer di dunia. Selain karena mudah didapatkan, jeruk juga jadi populer karena kandungan vitamin C yang tinggi.

Ternyata enggak hanya sampai di situ lho. Belum banyak yang tahu, buah jeruk ternyata dikabarkan bisa bermanfata untuk menurunkan berat badan. Benarkah begitu?

Tak hanya memiliki rasa segar yang tajam dan asam, tetapi jeruk juga mempersiapkan tubuh untuk menghadapi penderitaan sepanjang hari, baik itu kelelahan fisik atau tekanan mental. Jeruk penuh dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Mengonsumsi jeruk dalam jumlah yang banyak setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan dan juga dapat membantu mengatasi masalah kesehatan yang terkait dengan obesitas.

Para peneliti di Robarts Research Institute di Western University menemukan bahwa minum sekitar dua setengah gelas jus jeruk sehari dapat menurunkan berat badan sehingga terhindar dari obesitas dan mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Para peneliti menemukan molekul yang disebut 'nobiletin' dalam jeruk manis dan jeruk keprok yang secara signifikan dapat mencegah dan mengatasi obesitas. Penemuan ini dipublikasikan di Journal of Lipid Research

Baca Juga: Minum Air Putih saat Perut Kosong Bisa Turunkan Berat Badan! Benar Enggak Sih?

"Kami telah menunjukkan bahwa nobelitin dapat membalikkan gejala obesitas bahkan mulai mengurangi penumpukan plak di arteri, yang dikenal sebagai aterosklerosis," ujar Murray Huff, profesor di Western's Schulich School of Medicine & Dentistry.

Tim mempelajari efek nobiletin pada tikus dengan memberi mereka makanan tinggi lemak, kolesterol tinggi bersama dengan nobiletin. Ditemukan bahwa tikus-tikus ini tampak lebih ramping dan memiliki tingkat resistensi insulin dan lemak darah yang berkurang dibandingkan dengan tikus-tikus yang diberi makan makanan tinggi lemak, kolesterol tinggi saja tanpa nobiletin.