Beauty, apakah kamu sering melakukan tidur siang atau tak pernah berkesempatan untuk tidur siang karena aktivitasmu yang padat? Ternyata tidur siang dapat menyehatkan jantung lho.

Ada studi observasi yang diterbitkan dalam jurnal BMJ, Heart, menemukan bahwa tidur siang selama dua kali seminggu dapat mengurangi separuh risiko kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, dan gagal jantung.

Nadine Häusler, PhD, dari departemen penyakit dalam di Rumah Sakit Universitas Lausanne di Swiss, dan tim peneliti memeriksa hubungan antara tidur siang dan kejadian kardiovaskular fatal dan nonfatal di antara 3.462 orang dewasa di Swiss. Peserta berusia antara 35 dan 75 tahun ketika mereka mendaftar dalam penelitian CoLaus. Mereka tidak memiliki riwayat masalah kardiovaskular pada awal, yaitu dari tahun 2003 hingga 2006.

Di satu sisi, para peneliti melihat hubungan antara frekuensi tidur siang dan durasi tidur siang dan kejadian serangan jantung, stroke, dan gagal jantung di sisi lain. Dalam penelitian ini, peserta ditanya tentang pola tidur dan tidur siang mereka

Lebih dari setengahnya melaporkan tidak ada tidur siang di minggu sebelumnya. Sekitar 20 persen mengatakan mereka pernah tidur siang sekali atau dua kali. Sekitar 12 persen mengatakan mereka tidur siang 3 hingga 5 kali, sementara jumlah yang sama mengatakan mereka tidur siang 6 hingga 7 kali.

Hasilnya para peneliti menemukan bahwa tidur siang satu hingga dua kali dalam seminggu dikaitkan dengan penurunan risiko terserang penyakit jantung, stroke atau gagal jantung hingga 48 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang sama sekali.

Baca Juga: Hari Jantung Sedunia, Kenali Risiko Jantung pada Wanita Yuk!

“Subjek yang tidur siang sekali atau dua kali seminggu memiliki risiko terkena penyakit kardiovaskular yang lebih rendah, sementara tidak ada hubungan yang ditemukan untuk durasi tidur siang atau tidur siang yang lebih sering,” kata penelitian tersebut.