Beauty, memiliki perut buncit memanglah sangat menyebalkan bagi semua orang, mungkin termasuk kamu juga. Perut buncit disebabkan penumpukan lemak yang hanya berada disekitar perut. Perut buncit memiliki dua jenis lho, yaitu visceral atau lemak yang mengelilingi organ tubuh atau subkutan, lemak yang berada di bawah kulit kamu.

Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/8/2020) komplikasi kesehatan dari lemak visceral lebih berbahaya dibandingkan lemak subkutan. Sebab, lemak diperut yang berlebihan mampu meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, kanker payudara, asma, dan penyakit serius lainnya. Nah, apa saja sih yang bikin perut buncit? Berikut di antaranya:

Pola makan yang tak teratur

Perut buncit dapat terjadi jika pola makan kamu tak teratur ataupun buruk. Keseringan mengonsumsi makanan manis seperti kue, permen, soda, dan jus buah, mampu meningkatkan berat badan dan memperlambat metabolisme kamu lho. Pola makan yang rendah protein dan tinggi karbohidrat juga berpengaruh terhadap berat badan.

Selain itu, lemak sampah yang berada di perut mampu sebabkan obesitas. Lemak ini juga terdapat dibeberapa makanan cepat saji, seperti gorengan, kentang goreng, muffin dan biskuit. The American Heart Association menyarankan untuk mengganti makanan sampah itu dengan biji-bijian. Dijamin deh perut kamu jauh dari kata buncit.

Terlalu banyak konsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol yang berlebih mampu membuat perut kamu buncit. Tak hanya buncit saja, bahkan masalah kesehatan termasuk penyakit lever dan peradangan pun juga bisa kamu alami.

Menurut laporan tahun 2015 dari jurnal Current Obesity Reports, mengatakan bahwa meminum alkohol yang berlebih mampu meningkatkan berat badan bertambah disekitar perut.

Jarang olahraga

Bukan sebuah rahasia lagi kalau banyak orang yang tak suka olahraga, apalagi saat pandemi seperti ini. Kurangnya olahraga membuat kamu sulit untuk mengecilkan perut buncit kamu lho.

Sebab, tak akan ada pembakaran lemak di sekitar perut. Jika kamu mengonsumsi makanan sampah atau junkfood tanpa olahraga, siap-siap perut melendung hadir pada tubuh kamu!

Stres

Ketika kamu sedang dalam situasi yang menegangkan, tubuh akan melepaskan kortisol dan berdampak pada metabolisme. Beberapa orang yang mengalami stres biasanya menjadikan makanan sebagai pelarian. Sangking stresnya, makanan yang masuk ke dalam perut pun juga banyak. Sebab itu lah orang stres dapat menciptakan lemak di sekitar perut dan area tubuh lainnya.

Kualitas tidur yang tak teratur

Jika kamu sering mengalami kualitas tidur yang buruk dan tak teratur, mampu mengembangkan lemak perut yang menyebabkan buncit lho. Menurut studi dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, menjelaskan bahwa penambahan berat badan dengan durasi tidur yang buruk mampu sebabkan perut buncit.

Baca Juga: Perut Tambah Buncit di Tengah Wabah, Olahraga Atau Diet?

semoga bermanfaat ya!