Menu

Jangan Panik Dulu! Ini 5 Penyebab Timbulnya Benjolan Pada Miss V, Gak Semua Berbahaya Lho

11 Mei 2022 14:15 WIB
Jangan Panik Dulu! Ini 5 Penyebab Timbulnya Benjolan Pada Miss V, Gak Semua Berbahaya Lho

Ilustrasi area intim terasa gatal. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Mungkin kamu pernah merasa panik ketika kamu melihat atau merasakan adanya benjolan atau bintil di sekitar miss v. Namun, apakah kamu tahu alasan timbulnya benjolan tersebut? Apakah benjolan itu berbahaya? Yuk, simak penjelasan berikut ini agar kamu tak panik lagi, dilansir dari berbagai sumber, Rabu (11/5/2022).

Apakah Semua Benjolan di Miss V Berbahaya?

Dokter kulit di Yale Medicine, Alicia Little, MD, PhD, mengungkapkan, pertumbuhan kulit seperti keratorsis seboroik atau benjolan akibat pertumbuhan rambut serta kista, umumnya tak butuh pengobatan, kecuali jika menyebabkan iritasi atau terinfeksi.

Besar kemungkinan bagi wanita untuk menemukan benjolan atau bintil di labia majora atau lipatan luar vulva serta gundukan kemaluan mereka. Supaya lebih jelas, berikut sejumlah penyebab umum benjolan di atau sekitar vagina, di antaranya: 

1. Skin Tag

Skin tag adalah daging tumbuh di permukaan kulit, berukuran kecil dan tak berbahaya. Penyebabnya belum diketahui pasti. Meski begitu, para ahli menduga kondisi ini diakibatkan oleh gesekan kulit.

2. Fordyce spots

Fordyce spost atau bintik-bintik kecil berwarna putih umumnya terdapat di sekitar labia dan itu merupakan kelenjar minyak yang membesar di kulit. Bintik-bintik ini tidak berbahaya dan disebut terjadi pada 70 hingga 80 persen orang dewasa.

3. Kista vagina atau vulva

Benjolan kecil dan keras yang disebut kista bisa terbentuk di vulva atau dinding vagina. Kondisi ini bisa terjadi saat udara, nanah atau cairan menumpuk sehingga menyebabkan pembengkakan.

Baca Juga: Mau Si Miss V Tetap Sehat? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini Ya!

Baca Juga: Mengatasi Keputihan dengan Daun Sirih, Ampuhkah?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.