Kalau berbicara soal cinta, memang enggak akan pernah ada habisnya ya, Beauty. Cinta bisa membuat siapa pun bahagia, tapi cinta juga bisa memberi kesedihan di dalamnya. Bahkan, tak sedikit di antaramu yang mungkin malas berurusan dengan cinta lantaran memiliki masa lalu yang kelam. Masa lalu yang membuatmu takut untuk jatuh cinta dan dicintai oleh seseorang.

Kondisi ini sering disebut sebagai philophobia. Yap, seperti yang sudah pernah di bahas sebelumnya, philophobia merupakan salah satu jenis fobia jatuh cinta. Bagi pengidapnya, cinta merupakan hal yang paling menakutkan untuk dihadapi. Sebisa mungkin mereka akan menghindari hal-hal yang berhubungan dengan cinta.

Enggak cuma philophobia, rupanya banyak jenis fobia aneh yang berurusan dengan cinta. Merangkum dari berbaga sumber, Selasa (18/8/2020), berikut lima jenis fobia cinta yang perlu kamu tahu. 

Anuptaphobia

Kalau philophobia merasa takut untuk menjalin hubungan, ini enggak berlaku untuk seorang pengidap Anuptaphobia. Anuptaphobia merupakan kondisi yang menggambarkan seseorang takut secara belebihan kalau dirinya melajang alias ngejomblo.

Mengutip dari laman psyctimes, penderita Anuptaphobia mungkin mengalami kecemasan yang sangat intens akibat rasa takut sendirian. Pengidap fobia ini bisa saja sembarang memilih pasangan untuk mengatasi kesendiriannya.

Dengan kata lain, pengidap fobia ini enggak pernah menjomblo dalam hidupnya. Bahkan, kalau putus cinta mereka akan mencari pengganti dalam waktu singkat.

Philemaphobia

Philemaphobia menggambarkan kondisi seseorang yang takut dicium atau bahkan mencium pasangannya. Seperti yang disebut dalam mindbodygreen, fobia berciuman tampaknya berasal dari ketakutan akan kuman di mulut.

Mereka begitu takut bila terkena bau mulut seseorang. Tapi, enggak semua penderita memiliki ketakutan dengan alasan tersebut. Penderita philemaphobia mungkin akan berteriak kalau harus dipaksa berciuman lantaran saking takutnya.

Zelophobia

Zelophobia ini menggambarkan ketakutan akan hadirnya perasaan cemburu. Beauty, rasa cemburu dalam menjalin suatu hubungan itu wajar bukan? Tapi enggak berlaku untuk penderita zelophobia.

Bagi penderita fobia ini, cemburu merupakan sifat yang mengikat secara berlebihan. Oleh karena itu, pengidap fobia ini biasanya juga merasa takut untuk menjalani hubungan yang lebih serius dengan pasangannya.

Chiraptophobia

Dalam menjalin suatu hubungan, mungkin bergandengan tangan dengan pasangan adalah hal yang paling umum dilakukan. Tapi rasanya hal itu enggak berlaku bagi pengidap Chiraptophobia.

Chiraptophobia atau haphephobia merupakan rasa takut berlebihan bila disentuh. Seperti yang disebutkan dalam laman Medical News Today, fobia ini terjadi lantaran pernah mengalami atau menyaksikan peristiwa traumatis yang melibatkan sentuhan.

Pengidap fobia ini mungkin akan merasa panik, jantung berdegup, hingga berkeringat bila ada yang menyentuhnya. Saking takut disentuh oleh orang lain, penderita ini akan menjauhi kerumunan orang di jalan.

Gamaphobia

Jenis fobia cinta lainnya ialah Gamaphobia. Dalam dunia psikologis, gamaphobia dikaitkan dengan kondisi seseorang yang takut berkomitmen menjalani hubungan jangka panjang alias ikatan pernikahan. 

Kondisi ini mungkin hampir serupa dengan philophobia. Bedanya, penderita fobia ini berani jatuh cinta dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Hanya saja mereka merasa takut bila harus berkomitmen dengan menikahi pasangannya. Parahnya, pengidap ini akan lebih memilih meninggalkan pasangannya bila dipaksa harus menikah.

Baca Juga: Waduh, Kalau Pasangan Tunjukkan 3 Tanda Ini Berarti Dia Sudah Gak Bahagia Lho, Coba Perhatikan Deh!

Beauty, dari lima jenis fobia jatuh cinta di atas, adakah gejala yang kamu alami saat ini?