Menu

Mumpung Masih Libur Sekolah, Isi Waktu Si Kecil dengan 3 Kegiatan Seru Ini

11 Mei 2022 16:10 WIB
Mumpung Masih Libur Sekolah, Isi Waktu Si Kecil dengan 3 Kegiatan Seru Ini

Ilustrasi Ketika sedang Berlibur. (Pixabay/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Mumpung masih libur sekolah, gak ada salahnya untuk mengajak si kecil piknik ke wahana bermain atau destinasi wisata edukatif.

Menurut Ratih Ibrahim, seorang psikolog anak, selain pergi piknik, penting bagi orang tua untuk mendukung anak mengoptimalkan masa liburan dengan kegiatan produktif.

Menurutnya aktivitas fisik dapat memberikan rangsangan untuk memancing respons yang dapat melatih tumbuh kembang anak. Lebih lanjut ia mengatakan terdapat beberapa kegiatan edukatif pilihan yang bisa dilakukan bersama di rumah.

1. Membuat Boneka atau Figurehead

Apabila si Kecil lebih suka berkreasi menggunakan kertas lipat, kamu bisa mengajaknya untuk membuat boneka kertas gambaran diri anak dari bahan-bahan yang mudah dicari.

Kamu hanya memerlukan kertas lipat (origami), stik es krim, benang kasur, lem, gunting, serta kancing dan manik-manik sebagai pemanis boneka kertas yang akan dibuat.

“Kegiatan ini akan melatih keterampilan motorik halus anak, mengembangkan daya imajinasi dan berkreasinya, serta mengajarkan anak untuk menuangkan ide dalam bentuk konkrit,” ucap Ratih.

Selain itu, lanjutnya anak juga bisa belajar memahami diri, membangun kepercayaan diri, serta membangun konsep diri yang positif.

2. Keliling Kota dengan Transportasi Umum

Ajak si Kecil berkeliling kota sambil memperkenalkan ragam transportasi umum yang ada di kota Moms.

Selain mengenalkan transportasi umum, Anda juga bisa membawa si Kecil bepergian ke tempat-tempat wisata seperti museum, taman kota, atau perpustakaan yang tersedia di sekitar tempat tinggalmu.

Untuk membuat jalan-jalan bersama si Kecil menjadi lebih berkesan, siapkan satu kuiz yang memuat seputar hal-hal yang sekiranya bisa ditemui di jalan atau di tempat tujuan. Si Kecil dapat diminta untuk menunjukkannya kepadamu apabila menemukannya di jalan.

3. Permainan Edukatif

Sebagai alternatif dari ragam aktivitas di atas, Moms juga bisa memanfaatkan mainan yang bersifat edukatif untuk si Kecil.

Seperti contoh, ELC Indonesia menyediakan ragam mainan seperti Drawing Activity Set untuk si Kecil yang hobi menggambar, Keyboom Board untuk yang senang bermain musik, Wooden Easel  yang bisa dipakai jadi kanvas pertama untuk si Kecil.

Kemudian Storytelling Card dan 'I want to be…' Puzzle yang dapat melatih kreativitas si Kecil.

Agar aktivitas bersama si Kecil berlangsung dengan seru, temukan ragam mainan edukatif lainnya yang akan mengalihkan perhatian anak terhadap gadget dan membuat anak lebih produktif.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Ini Cocok Dikunjungi Saat Musim Hujan

Baca Juga: Ternyata Gak Perlu Jauh-Jauh ke Luar Kota untuk Wisata Alam, Karena Kamu Bisa Kunjungi Ini di Jakarta!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Oleh: Cherryn Lagustya